NASA Sedang Waspada, Asteroid Raksasa Akan Melintasi Bumi

NASA Sedang Waspada, Asteroid Raksasa Akan Melintasi Bumi

Naviri Magazine - Enam puluh enam juta tahun lalu, sebuah asteroid raksasa menghantam bumi dan menciptakan efek kehancuran serupa kiamat. Nyaris semua kehidupan di masa itu hancur dan punah, termasuk hewan-hewan besar yang kini kita kenal dengan nama dinosaurus. Kini, asteroid raksasa kembali terdeteksi akan mendekati Bumi.

Menurut hasil observasi NASA, sebuah asteroid dengan ukuran besar akan melintas tak begitu jauh dari Bumi. IFL Science melaporkan, asteroid bernama NF23 itu akan terbang melintas dekat Bumi, dan jarak jalur lintasan asteroid dari Bumi sekitar 5 juta kilometer. 

Dijelaskan bahwa jarak lintasan asteroid tersebut 13 kali lebih jauh dibanding jarak antara Bumi dan Bulan. Banyak asteroid lain daripada asteroid ini yang pernah melintas dengan jarak yang lebih dekat.

Asteroid ini diperkirakan memiliki lebar sekitar 70 hingga 160 meter. Ukuran asteroid ini telah dibandingkan dengan objek terkenal di Bumi, seperti Piramida Giza di Mesir dan London Eye di Inggris.

Dijelaskan bahwa asteroid ini cukup sering terbang melintas dekat planet, seperti Merkurius, Venus, dan Bumi. Asteroid  NF23 hanya memerlukan waktu sekitar 240 hari untuk mengorbit Matahari.

Perlukah kita khawatir?

Berdasarkan pengamatan NASA, kita tidak perlu khawatir atas adanya asteroid besar menghantam Bumi.

Peluang asteroid ukuran besar jatuh ke Bumi memang ada, tapi sangat kecil sekali. Hingga saat ini, berdasarkan pengamatan NASA, tidak ditemukan adanya asteroid yang memang melintas dan menghantam Bumi. Saat ini, yang ditemukan hanya melintas dekat Bumi.

NASA mengkategorikan setiap asteroid yang lewat dekat Bumi dengan sebutan Potential Hazardous Object Asteroids (PHA). 

Menurut laporan IFL Science, asteroid yang berada dalam jarak 7,5 juta kilometer dari Bumi dengan lebar lebih besar dari 140 meter masuk dalam kategori PHA tersebut. 

Asteroid NF23 akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada September 2039. Saat itu, asteroid ini akan berada pada jarak sekitar 2 juta kilometer dari Bumi.

Namun ada satu asteroid yang bakal melintas sangat dekat dari Bumi. Asteroid bernama 99942 Apophis dilaporkan akan melintas pada jalur berjarak 38 ribu kilometer dari Bumi pada April 2029. Asteroid ini memiliki ukuran panjang sekitar 320 meter. 

Tapi jika pun ada asteroid besar yang melintas sangat dekat dengan Bumi, kita juga tidak perlu buru-buru panik dan khawatir. 

Sebab kini ada banyak negara yang sedang mengembangkan cara untuk melindungi Bumi dari asteroid yang mungkin menghantamnya. Misalnya, NASA dari AS yang sedang menyiapkan rencana untuk menembakkan bom nuklir ke asteroid raksasa, yang mungkin "mampir" ke Bumi.

Related

Astronomy 7353426001584054769

Recent

item