Sisi Gelap dan Fakta Mengerikan di Balik Industri Fast Fashion

Sisi Gelap dan Fakta Mengerikan di Balik Industri Fast Fashion

Fast Fashion adalah istilah yang digunakan oleh industri tekstil yang memiliki berbagai model fashion yang silih berganti dalam waktu sangat singkat, serta menggunakan bahan baku yang berkualitas buruk, sehingga tidak tahan lama.

Contoh saat memasuki musim panas, retail fashion akan meluncurkan berbagai koleksi musim panas. Kebanyakan retail fashion akan meluncurkan hingga 42 model pakaian dalam satu musim.

Dulu sebelum adanya industri fast fashion, produk fashion adalah produk yang sangat mahal, karena satu baju dijahit dengan tangan dan sangat detail. Hanya kalangan tertentu yang dapat membeli produk fashion. Lalu semenjak adanya revolusi industri, berdampak pada ditemukannya teknologi mesin jahit sehingga dapat memproduksi produk fashion.

Fakta mengerikan fast fashion:

1. Semua produk fast fashion memakai bahan baku yang kualitasnya jelek sehingga mudah rusak.

2. Memperkerjakan para wanita berpendidikan rendah, muda, dan imigran. Mereka harus bekerja selama 14 jam/hari namun mendapat upah yang rendah, tidak ada jaminan asuransi jiwa atau jaminan keselamatan kerja, dan harus bekerja dalam kondisi yang berbahaya untuk memproduksi produk fast fashion.

3. Industri fast fashion biasanya menggunakan pewarna tekstil yang murah dan berbahaya, sehingga dapat menyebabkan pencemaran air dan berisiko terhadap kesehatan manusia.

4. Tren ini juga menuai kritik atas alasan hak kekayaan intelektual. Para desainer juga menyatakan bahwa desain mereka secara ilegal diproduksi ulang oleh para peretail.

5. Membentuk perilaku konsumtif karena tiap musim ada koleksi baru yang diluncurkan. 

6. Bahan katun yang digunakan biasanya dicampur dengan air dan pestisida dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga membahayakan para pekerja dan meningkatkan risiko kekeringan, menciptakan tekanan besar pada sumber air, menurunkan kualitas tanah, serta berbagai masalah lingkungan lainnya.

Related

Business 4249441264444698866

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item