8 Proyek Raksasa di Indonesia yang Membuat Kita Bangga (Bagian 1)

8 Proyek Raksasa di Indonesia yang Membuat Kita Bangga

Indonesia menjadi anggota G-20 yang merupakan kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia, ditambah dengan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan salah satu negara besar di dunia, dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam melimpah. 

Kini pembangunan di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain. Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas dunia. Beberapa mega proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu dan Indoor Theme Park terbesar di dunia, Trans studio. Beberapa proyek akan menyusul. Ada yang masih dalam perencanaan, dan ada juga yang sudah dalam tahap penyelesaian. Di antara mega proyek tersebut adalah:

1. Center Point Of Indonesia

Makassar akan memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisnis, wisata dan pendidikan, yang dinamakan Center Point Of Indonesia (CPI). 

Center Point Of Indonesia, yang dibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar itu, akan terdapat bangunan-bangunan menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan, hotel-hotel kelas dunia, yang dilengkapi dengan lapangan golf dengan view ke laut lepas dan pemandangan menakjubkan ke pulau-pulau di Teluk Makassar.

Di kawasan ini juga akan dibangun istana kepresidenan yang selama ini hanya berada di Jawa dan Bali. Istana ini nantinya berada di atas laut. Di kawasan CPI juga akan dibangun Masjid Termegah di Asia, sekelas Taj Mahal di India. Ada juga The Makassar Notradamus, yaitu taman 1.000 patung Pahlawan Indonesia. 

Masih di lokasi yang sama, Makassar juga akan membangun Public Space atau area publik terluas di dunia. Di lapangan nan luas ini akan terdapat banyak kawasan hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristrahat, dan tentunya pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akan terdapat Waterfront dan Marinas.

Center Point Of Indonesia akan dilengkapi dua jalan layang selebar masing-masing 40 meter, waterway, monorail, dan busway. Monorail di CPI akan menghubungkan kawasan megah ini ke Pusat Kota Makassar, hingga ke Bandara International Sultan Hasanuddin. 

Jika proyek ini benar-benar terwujud, Makassar akan melampaui Jakarta dalam hal mewujudkan angkutan Mass Rapit Transport idaman.

Center Point Of Indonesia juga akan dilengkapi sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dek anjungan berputar. Menara itu akan dibangun tepat di tengah proyek CPI. 

Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan pengunjung karena sudah terintegrasi dengan Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur monorail. Nantinya, beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI juga akan dihubungkan dengan kereta gantung (gondola) terpanjang di Asia. 

Jika proyek ini selesai, Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya. Obsesi itu juga yang membuat Makassar bertekat untuk menjadi kota dunia di tahun 2030.

2. Biak Space Port

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan mendirikan "space port" atau lokasi peluncuran roket pendorong satelit di Pulau Biak, Papua. 

Pulau Biak merupakan lokasi yang sangat strategis untuk penerbangan ke angkasa luar, karena posisinya sangat dekat dengan garis katulistiwa. Pulau Biak berhadapan langsung dengan samudera luas, sehingga proses peluncuran roket yang akan dilakukan diperkirakan tidak akan mengganggu negara lain. 

Jika roket pendorong satelit itu diluncurkan, serpihan atau benda-benda yang jatuh dari proses peluncuran itu akan jatuh ke laut, tidak mengenai negara lain, termasuk wilayah Indonesia. 

Selain itu, Pulau Biak juga terletak di area ekuatorial (posisinya hanya dua derajat dari garis katulistiwa), sehingga dorongan roket peluncur satelit lebih kuat dan mampu mengantar alat pemantauan di angkasa ke antariksa.

3. Menara Jakarta 

Jakarta akan memiliki salah satu menara tertinggi di dunia, yang dinamakan "Menara Jakarta". Proyek Menara Jakarta yang sebelumnya terhenti akibat badai krisis moneter akan kembali dilanjutkan. 

Menara Jakarta setinggi 558 meter ini mengalahkan Oriental Pearl Tower, Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di Kanada setinggi 533 meter. Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikan sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan data center dan disaster recovery center.

Menara Jakarta juga akan dijadikan traffic control dan pusat jaringan fiber optik di Jakarta. Menara ini juga akan memiliki restoran berputar. 

Yang menarik lagi dari Menara Jakarta adalah bentuk kaki tiang menara yang memiliki tiga kaki, yang menopang hingga ke atas. Bentuk semacam ini hanya satu-satunya di dunia untuk gedung-gedung pencakar langit. Jika telah selesai dibangun, Menara Jakarta akan menjadi ikon kebanggaan bangsa Indonesia, dan menjadi menara telekomunikasi dan broadcasting tertinggi di dunia.

Baca lanjutannya: 8 Proyek Raksasa di Indonesia yang Membuat Kita Bangga (Bagian 2)

Related

Indonesia 4589591906847628634

Recent

item