Bagaimana Pinjol Bisa Tahu Nomor Ponsel Teman Peminjam Uang?

Bagaimana Pinjol Bisa Tahu Nomor Ponsel Teman Peminjam Uang?

Beberapa di antara kalian mungkin pernah dihubungi pinjaman online (pinjol) melalui WhatsApp, email atau SMS yang mengabarkan salah satu teman kalian meminjam uang dan belum mengembalikannya bersama dengan bunga.

Mereka melampirkan foto diri peminjam, KTP, besaran tagihan dan bahkan pesan bernada ancaman bila tidak segera melunasi pinjaman yang didapat dari pinjol.

Hal ini tentu mengesalkan. Sebab, kalian bukanlah peminjam tetapi harus berhadapan dengan pinjol. Selain itu muncul pertanyaan bagaimana pinjol bisa mendapatkan nomor ponsel kalian padahal yang meminjam adalah orang lain.

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, menjelaskan fenomena ini melalui utas di akun Twitter pribadinya. Menurutnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang mensyaratkan pinjol legal hanya boleh mengakses Camilan (Camera, Microphone, dan Location).

"Ada pinjol yang comply dengan syarat ini. Tetapi ada juga yang ambil data lebih," tulisnya dalam utasnya di Twitter, sembari menunjukkan pinjol legal yang mengambil data peminjam secara berlebih.

Ismail Fahmi mengungkapkan, pinjol ilegal bahkan lebih parah. Mereka mengambil data pengguna berlebih, mulai dari history, contact card, storage (foto dan video) phone call, dan lainnya.

Related

News 5237915580002766318

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item