Benarkah Kita Tidak Bisa Membangun Piramida Sebesar Piramida Giza?

Benarkah Kita Tidak Bisa Membangun Piramida Sebesar Piramida Giza?

Bendungan Tiga Ngarai di Tiongkok, selesai dibuat pada tahun 2012, terbuat dari sekitar 27 juta meter kubik beton. Itu angka yang berguna, karena sekitar sepuluh kali volume Piramida Besar di Giza. 

Bendungan ini juga merupakan struktur yang lebih kompleks, karena mengandung ruang internal untuk peralatan pembangkit listrik dan saluran untuk air, dan memiliki bentuk yang direkayasa dengan hati-hati. Semakin tebal di sisi air, karena semakin dalam untuk menahan tekanan air yang sangat besar, sementara semua piramida harus berdiri di bawah berat badan mereka sendiri. 

Dan itu bahkan bukan bendungan terbesar di dunia. 

Jadi tidak benar bahwa kita tidak dapat membangun piramida pada skala yang sama dengan Piramida Giza. Orang modern telah membangun struktur yang jauh lebih besar untuk standar teknik yang lebih ketat, dan telah melakukannya selama beberapa dekade. 

Kita bisa, jika mau, membangun piramida sebesar atau lebih besar dari Piramida Giza. Tapi itu akan menjadi tumpukan batu yang tidak berguna.

Related

Science 7275294818127869473

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item