Bikin Terkejut, Lele Zombie Hidup Lagi Setelah Kena Air

Bikin Terkejut, Lele Zombie Hidup Lagi Setelah Kena Air

Seekor lele, yang sudah lama mati, tampak bergerak-gerak setelah diberi percikan air. Lele yang tampak mengering berbalur lumpur di sekujur tubuhnya itu terlihat bernapas untuk pertama kalinya melalui mulut, saat air dituangkan ke atas tubuhnya.

Video yang memperlihatkan lele mati hidup kembali ini viral dibagikan di kalangan para pengguna Reddit. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh. Lele suckermouth atau pleco adalah spesies yang bisa mengembangkan kemampuan untuk beralih ke mode seperti hibernasi.

Artinya, seperti dikutip dari Mirror, lele suckermouth dapat bertahan hidup di bawah lumpur kering yang mengeras selama berbulan-bulan, tanpa akses ke air sampai hujan tiba.

Tak seperti kebanyakan ikan, pleco juga dapat hidup hingga 30 jam di luar air jika mereka menyimpan cukup oksigen di perutnya. Spesies ini sangat mudah beradaptasi, dan lele suckermouth air tawar yang bernapas di udara memiliki berat hingga tiga pon dan bergantung pada organ aksesori yang terkait dengan rongga insang yang memungkinkan pleco menghirup udara.

Mereka memiliki insang untuk bernapas dan berenang ke permukaan untuk menghirup udara ketika lebih sedikit oksigen dapat ditemukan di dalam air.

Lele suckermouth air tawar yang bernapas di udara berasal dari Amerika Selatan bagian utara, dan dinamai demikian karena bentuk mulutnya yang terlihat seperti cangkir hisap.

Tapi plecos bukan satu-satunya yang punya kemampuan demikian. Lungfish Afrika juga beradaptasi untuk bertahan hidup di tepi daratan. Mereka mengandalkan insang yang berinteraksi dengan paru-paru fungsional untuk memasok oksigen, mereka juga beradaptasi untuk hidup melalui periode kekeringan, dengan membuat terowongan kecil di bawah tanah atau di lumpur.

Organ tubuh hewan ini menjaga kelembapan di sekitar tubuh dan memungkinkan cukup udara untuk bersirkulasi di sekitar mereka untuk bernapas tanpa membutuhkan air.

Related

News 5484292945720447917

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item