Dari Mana Asal Usul Monster Predator? Ini Kata Penulisnya

Dari Mana Asal Usul Monster Predator? Ini Kata Penulisnya

Fred Dekker, salah seorang penulis film The Predator, mengaku terinspirasi film Aliens. Pengakuan itu disampaikan Dekker dalam podcast Movie Crypt.

Aliens yang dimaksud Dekker adalah film keluaran 1986 dan lanjutan Allien (1979). Namun demikian, dua film itu berbeda konsep cerita.

Alien yang dibesut sutradara Ridley Scott mengusung kisah pembantaian kru pesawat luar angkasa oleh makhluk asing. Sedangkan Aliens yang disutradarai James Cameron memuat unsur aksi, thriller, survival, dan horor.

Adapun konsep kisah film Predator terbitan 1987 persis jejak Alien. Film yang disutradarai John McTiernan ini menceritakan pembantaian sekumpulan tentara oleh makhluk asing di sebuah hutan.

Itu sebabnya The Predator dipilih mengikuti Aliens. Dekker beralasan The Predator bisa meningkatkan skala waralaba Predator, dengan mengikuti tindakan Aliens terhadap waralaba Alien.

Lebih lanjut, sutradara Robocop 3 (1993) ini menjelaskan latar belakang sang predator. Dua film terdahulu Predator 2 (1990) dan Predators (2010), tidak menjelaskan asal muasal dan motivasi predator. Apalagi kisah Predator 2 kurang lebih sama dengan film pertama dan hanya mengubah latar dari hutan ke perkotaan.

Sementara Predators mengisahkan beberapa manusia berbahaya yang diculik ke planet asing. Mereka kemudian diburu para predator yang hanya mencari kegiatan "olahraga."

"Predator pertama adalah film yang relatif sederhana. Gagasan kami, (The Predator) adalah penjelasan mengenai latar belakang kisah tersebut," ujar Dekker, yang menulis The Predator bersama Shane Black. "Kami ingin memberikan jawaban pada penonton tanpa membunuh rasa horor film ini."

Sebenarnya waralaba Alien juga membidik arah serupa. Lewat Prometheus (2012) dan Alien Covenant (2017), Scott berusaha menceritakan asal muasal makhluk Xenomorph yang menjadi biang teror dalam aneka film Alien.

Sebelum ini, Dekker pernah menulis skenario film semisal Night of the Creeps (1986), The Monster Squad (1987), dan House (1986). Sedangkan Black yang pernah menyutradarai Iron Man 3 (2013) mengarahkan The Predator.

Related

Entertainment 3525650200246343233

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item