Dua Langkah Sederhana Mengatasi Perasaan Tak Percaya Diri

Dua Langkah Sederhana Mengatasi Perasaan Tak Percaya Diri

"Aku nggak pede, nih." Kalimat itu sering kita dengar, atau bahkan kita sendiri yang mengucapkan. Tidak percaya diri pada dasarnya timbul dari pemikiran seseorang atas kemungkinan penilaian orang lain terhadap kekurangan atau ketidakmampuan dirinya. Jika dilihat dari akarnya, masalah utama yang membuat seseorang tidak percaya diri adalah persepsi/pemikiran orang itu sendiri.

Pernahkah anda melihat suatu konten di sosial media yang membuat anda berkata, "Kok pede banget, ya?" atau memiliki teman atau kerabat yang terlihat sangat percaya diri yang menyebabkan anda berkata, "Ini orang urat malunya udah putus kali, ya haha..."

Tapi, pernahkan anda menanyakan langsung kepada mereka kenapa bisa memiliki tingkat percaya diri seperti itu? Kemungkinan jawaban mereka tidak cukup memuaskan anda, karena sebagian besar tingkat percaya diri terbentuk dari lingkungan sekitar, seperti dukungan orang tua, penerimaan lingkungan yang baik terhadap dirinya, dan sebagainya.

Lalu bagaimana bagi kita yang kurang memiliki percaya diri? 

1. Stop worrying!

Jangan khawatir tentang hal yang tidak bisa kita kendalikan. Contohnya pemikiran orang lain terhadap kita. Seperti halnya hujan yang tiba-tiba turun atau angin yang tiba-tiba berembus, pemikiran orang lain merupakan hal yang tidak bisa kita kendalikan. 

Melulu memikirkan hal tersebut hanya menguras energi kita, dan membuat kita diam di tempat. 

Jadi, mulai dari sekarang, ketika ingin melakukan sesuatu, pejamkan mata dan ucapkan pada diri anda sendiri di dalam hati, "Don't worry about something you can't control," dan kepercayaan diri anda akan meningkat.

2. Nothing to lose!

Seperti kalimat yang sering kali kita dengar, "Manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan." 

Lakukanlah sesuatu yang ingin anda lakukan semaksimal mungkin tanpa memikirkan apapun hasilnya. Berespektasi atas kegagalan atau kesuksesan yang mungkin akan anda dapat hanya membuat anda cemas dalam melakukan hal tersebut. "When you've got nothing to lose, you turn into a beast."

Related

Psychology 6414774102343697951

Recent

item