Kalajengking Raksasa, Monster Mengerikan Pertama di Bumi

Kalajengking Raksasa, Monster Mengerikan Pertama di Bumi

Naviri Magazine - Kita tentu sudah akrab dengan hewan-hewan raksasa sekaligus buas dan mengerikan, yang disebut dinosaurus. Rata-rata dinosaurus hidup di darat, meski ada sebagian yang terbang atau juga hidup di perairan. Namun, ternyata, hewan monster pertama yang hidup di bumi bukan para dinosaurus, melainkan kalajengking raksasa, dan makhluk mengerikan itu hidup di laut.

Monster laut pertama di bumi ternyata kalajengking raksasa sebesar manusia. Kenyatan itu terungkap dalam publikasi di jurnal BMC Evolutionary Biology. Kalajengking raksasa berukuran sekitar 160 sentimeter itu hidup 460 juta tahun lalu, jauh sebelum dinosaurus mendominasi bumi. 

Hewan purba itu pertama kali ditemukan oleh para geolog dari Iowa Geological Survey. Mereka menemukan sekitar 150 pecahan fosil kalajengking raksasa itu di Upper Iowa River, pada kedalaman 2 meter. 

James Lamsdell dari Yale University kemudian datang meneliti fosil-fosil tersebut. Dari analisisnya, diketahui bahwa hewan purba itu adalah jenis baru. Dinamai Pentecopterus decorahensis, berdasarkan nama dewa perang Yunani. 

Lamsdell mengatakan, "Inilah predator raksasa pertama. Saya tidak akan mau berenang dengannya." 

Lamsdell mengungkapkan, kalajengking raksasa itu masuk dalam famili eurypterid, kelompok kalajengking laut yang kini telah punah. 

Berbeda dengan kalajengking darat yang hidup sekarang, ekor P decorahensis tidak menyengat. Bagian tersebut lebih berguna untuk menyeimbangkan tubuh saat berenang. 

Namun, bukan berarti kalajengking itu tak mengerikan. Dari kepalanya, menjulur selusin lengan yang akan aktif bergerak mencengkeram mangsa dan menarik ke mulut. 

"Kalajengking raksasa itu jelas hewan yang sangat agresif," kata Lamsdell, seperti dikutip Washington Post. "Dia hewan yang buas." 

Sebenarnya, ada kalajengking lebih besar yang hidup sezaman dengan P decorahensis, tetapi hanya hidup di dasar laut dengan menyaring nutrisi, dan tidak buas. P decorahensis adalah hewan terbuas pada zamannya.

Related

Science 168101170130433338

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item