Kisah Peugeot, Perusahaan Mobil yang Berawal dari Bisnis Gergaji

Kisah Peugeot, Perusahaan Mobil yang Berawal dari Bisnis Gergaji

Naviri Magazine - Di masa lalu, jauh sebelum menghasilkan mobil seperti yang sekarang kita kenal, Peugeot justru memproduksi gergaji. Meski mungkin terdengar mencengangkan, namun itu merupakan sejarah bisnis Peugeot.

Pada tahun 1810, dua bersaudara, Jean Pierre dan Jean Federic Peugeot, mengubah pabrik tepung terigu menjadi pabrik baja untuk membuat gergaji, penggiling kopi, dan penggiling lada. 

Produk itulah yang menginspirasi lahirnya logo khas mereka, yaitu singa dengan rahang terbuka, yang melambangkan kekuatan penggiling buatan mereka. Kemudian, mereka mulai memproduksi bingkai payung, roda, sepeda, crinolines (rangka besi untuk mengembangkan gaun wanita), juga membuat kendaraan.

Pada tahun 1882, Peugeot membuat sepeda Le Grand Bi, dan pada 1889 mereka mulai membuat mobil pertama, yaitu kendaraan beroda tiga. 

Seiring berjalannya waktu, Peugeot terbagi menjadi dua divisi. Divisi yang satu masih tetap berfokus pada bidang usaha sebelumnya, sementara yang satu lagi fokus pada pembuatan mobil dan sepeda. Hingga akhirnya, kedua divisi itu bergabung menjadi satu, dan berkonsentrasi pada produksi mobil dan sepeda.

Related

Business 2797626624039972482

Ads

Topic

Recent

item