Mengenal Hongkong, Satu Negara dengan Dua Sistem Pemerintahan

Mengenal Hongkong, Satu Negara dengan Dua Sistem Pemerintahan

Ini merupakan negara semi merdeka dengan nama resmi Hongkong Special Administration Region, atau Daerah Administratif Khusus Hongkong. 

Hongkong juga sering disebut sebagai negara dalam negara Tiongkok. Dari tahun 1941 sampai 1997, negara ini bernama British Hongkong di bawah kekuasaan Inggris. Sejak tahun 1997 dikembalikan ke Tiongkok dengan status satu negara dua sistem. Makanya Hongkong memiliki sistem negara sendiri mulai dari bendera, mata uang dollar Hongkong, paspor, dan menganut sistem ekonomi kapitalis. 

Hongkong juga memiliki kepolisian sendiri, namun tidak memiliki tentara karena pertahanannya masih dikendalikan Tiongkok. bahasa di negara ini berbeda dengan tiongkok dan Taiwan, mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa kantonis dan Inggris. 

Hongkong menjadi pusat perekonomian dunia, dan sering dibandingkan dengan Singapura karena ukuran negaranya sama-sama kecil, berpenduduk padat, dan akomodasi yang super mahal. 

Hongkong juga terkenal dengan julukan kota gemerlap dengan gedung-gedung pencakar langit, pusat bisnis dan perdagangan dunia, shopping dan fashion, disneyland dan industri perfilman. 

Hongkong juga menjadi tempat yang menghubungkan dunia barat dengan Tiongkok. Banyak orang Hongkong tidak mau disebut sebagai Chinese, mereka lebih suka disebut sebagai kantonis atau orang kantor.

Related

International 5032995344857770966

Recent

item