Mengenal Tornado, Pusaran Angin Dahsyat yang Mengerikan

Mengenal Tornado, Pusaran Angin Dahsyat yang Mengerikan

Tornado adalah pusaran angin kuat skala menengah dari kumpulan arus kuat awan gelap yang merentang ke permukaan bumi. Saat muncul, tornado kerap disertai satu atau beberapa pilar awan berbentuk corong, seperti "belalai gajah", dari dasar awan dan menjulur ke bawah, disertai badai angin dan hujan, petir atau rambun (batu es). 

Jika tornado melewati permukaan air, ia dapat menarik air ke atas, dan membentuk tiang air, berdekatan dengan awan. 

Jika melewati daratan, kerap akan merobohkan rumah, menumbangkan tiang listrik, bahkan menarik manusia, ternak, atau benda-benda lain ke dalam pusarannya, dan dibawa ketempat lain. 

Tornado kerap terjadi pada saat hujan disertai petir di musim panas, dan sebagian besar muncul pada sore hari hingga menjelang malam, skala terjangannya kecil, diameter Tornado umumnya berkisar antara puluhan hingga ratusan meter. 

Waktu berlangsungnya Tornado biasanya beberapa menit, paling lama juga tidak lebih dari beberapa jam. Terjangan anginnya sangat kuat, kecepatan angin di sekitar pusat dapat mencapai 100-200 meter/jam. 

Daya rusaknya sangat kuat. Tornado kerap membuat pohon-pohon yang dilaluinya tercabut dari akarnya, menjungkirbalikkan mobil, menghancurkan bangunan dan sebagainya, terkadang juga menarik manusia ke dalam pusarannya.

Related

Nature 7689468940469170152

Recent

item