Penjelasan Sains di Balik Ketepatan Ramalan Zodiak

Penjelasan Sains di Balik Ketepatan Ramalan Zodiak

Naviri Magazine - Di antara kita pasti ada yang menyukai ramalan zodiak. Kenyataannya, ramalan zodiak adalah ramalan yang populer dan disukai banyak orang. Ada banyak jenis ramalan zodiak, dari ramalan kepribadian sampai ramalan nasib. Uniknya, saat kita membaca ramalan zodiak, biasanya kita merasa ramalan itu benar-benar tepat seperti yang kita rasakan atau kita alami.

Kenapa ramalan zodiak bisa tepat dan sesuai dengan diri kita? Bagaimana penjelasan sains mengenai hal tersebut?

Dalam sains, ketepatan ramalan zodiak disebut dengan istilah Forer Effect.

Terkait ramalan zodiak, ada eksperimen yang sangat menarik. Seorang pria bernama Michel Gauquelin pernah membuat iklan yang menawarkan ramalan gratis berdasarkan horoskop untuk siapa pun, dengan satu syarat; memberikan tanggal lahir mereka. Hasilnya, 94% orang yang mendaftar mengatakan bahwa ramalan Gauquelin benar-benar terjadi.

Anehnya, ternyata Gauquelin memberikan ramalan yang sama terhadap setiap orang. Ia hanya mengubah beberapa kata-kata, sehingga terdengar berbeda, namun maknanya tetap sama.

Inilah yang dinamakan efek Forer (Forer effect), yang merupakan suatu fenomena psikologis ketika seseorang menganggap akurat deskripsi mengenai diri mereka, yang seolah dibuat khusus untuk mereka, padahal deskripsi itu sebenarnya sangat umum sehingga dapat berlaku untuk banyak orang. 

Efek ini ditemukan oleh Bertram R. Forer, orang yang melakukan eskperimen serupa dengan Gauquelin.

Related

Science 4307227546195933480

Ads

Topic

Recent

item