Sering Minder? Ini 5 Pola Pikir yang Bisa Membantumu Lebih Percaya Diri

Sering Minder? Ini 5 Pola Pikir yang Bisa Membantumu Lebih Percaya Diri

Merasa minder itu bukan kutukan. Minder berasal dari cara pikir dan kebiasaan buruk yang kita kembangkan.

Kita tak akan bisa lepas dari sifat tersebut jika bukan diri kita sendiri yang mau mengubahnya. Harus segera kamu sadari dan mau benahi, ada banyak cara untuk mengubah rasa minder jadi percaya diri. Bisa dimulai dari mengubah pola pikirmu. 

Berikut adalah lima mindset yang perlu kamu tanamkan dalam diri, agar tak mudah merasa minder. 

1. Tanamkan dalam diri bahwa kamu hebat

Mindset pertama yang harus kamu terapkan agar tak mudah merasa minder adalah percaya bahwa kamu terlahir hebat. Kamu harus benar-benar menanamkan mindset tersebut dalam dirimu.

Jangan pernah merasa kamu lemah dan tak punya hal apapun untuk dibanggakan. Kamu manusia yang hebat, setidaknya untuk dirimu sendiri.

Hebat itu tak melulu tentang pencapaian dalam bentuk materi. Tetap bertahan saat ekspektasimu dihancurkan oleh realita saja sudah termasuk salah satu bentuk kehebatan yang luar biasa. 

2. Berpikir semua orang punya kelebihan masing-masing

Manusia lahir ke dunia membawa kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tak semua orang suka olahraga, tak semua orang pandai dalam hal akademik, begitu pula tak semua orang berbakat di bidang kesenian.

Setiap manusia dianugerahi bakat yang berbeda-beda oleh Tuhan agar semakin mewarnai dan memaknai kehidupan. Saat rasa minder datang menyerbu, cukup ingat bahwa setiap manusia punya kelebihan, termasuk juga dirimu.

Kamu tak perlu merasa malu maupun rendah diri. Tonjolkan saja kelebihan yang kamu punya, hingga kekurangan yang kamu miliki tak terlalu menarik untuk dikritisi. 

3. Tak membandingkan diri dengan orang lain

Kalau kamu tak mau rasa minder sering datang, kamu harus menguasai penangkalnya. Kuncinya terbilang mudah, cukup jangan menjadikan dirimu sebagai bahan perbandingan.

Kamu harus ingat bahwa yang boleh dibandingkan dalam kehidupan hanyalah hari kemarin dan sekarang. Kalaupun kamu ingin membandingkan, jangan bandingkan dirimu dengan para sultan dan orang hebat lainnya.

Saat kamu memandang ke atas, nantinya akan terlihat sangat rendah. Tetapi jika kamu melihat ke bawah, kamu akan tersadar masih banyak hal yang bisa kamu syukuri. 

Kamu tidak paling menderita, kamu bukan yang paling kurang. Kita semua cukup untuk diri kita sendiri. Angkat kepalamu dan berjalanlah dengan percaya diri! 

4. Penilaian orang lain tak perlu jadi bahan pikiran

Minder juga sering muncul akibat ketakutan berlebih akan tanggapan maupun penilaian orang lain. Padahal sejatinya kita hidup di bumi bukan untuk memuaskan semua orang.

Bagaimana cara orang lain memandang kita bukan hal yang perlu kita khawatirkan. Kita tak akan bisa membuat semua orang menyukai kita.

Kita cukup terus berlaku baik tanpa berharap dibalas apapun oleh manusia lainnya. Menjadi baik itu kewajiban, sementara dibalas itu hanya bonus yang tak perlu kita kejar. 

5. Sehebat apapun orang di sekelilingmu, mereka tetap manusia biasa

Punya harta dan jabatan tak lantas membuat seseorang jadi manusia luar biasa. Di mata Tuhan semua manusia sama saja.

Kamu tak perlu merasa minder dengan sesama manusia hanya karena dia lebih kaya atau populer darimu. Jika kamu ingin jadi orang yang percaya diri, kamu harus bisa memandang orang lain dengan sudut pandang yang sama ukurannya.

Jangan lantas menaruh hormat berlebih kepada orang kaya, sementara kepada orang yang kekurangan, sikapmu justru berbeda. Kita harus sama dalam memperlakukan orang lain, tak peduli seperti apa kondisi kehidupannya.

Menjadi lebih percaya diri memang perlu banyak latihan. Segalanya tak bisa dilakukan secara instan. Kelima mindset di atas juga harus kamu tanamkan agar usahamu untuk tidak minderan bisa lebih mudah terealisasi. 

Related

Psychology 935931347455777618

Recent

item