Taktik Pasukan Pemanah dan Pertempuran di Abad Pertengahan

Taktik Pasukan Pemanah dan Pertempuran di Abad Pertengahan

Bagaimana cara para pemanah tidak memanah pasukan mereka sendiri dalam perang abad pertengahan?

Ya tentunya dengan tidak mengarahkan panah mereka ke arah pasukan sendiri. Biasanya para jenderal akan menghentikan tembakan panah ketika terdapat risiko terkena pasukan sendiri.

Terlalu rumit untuk menjelaskan satu per satu taktik pasukan panah. Sejarah pemanah sudah terlalu panjang dan melalui perubahan zaman yang berbeda-beda konteks dan kondisi.

Pemanah sudah hadir di medan pertempuran dari masa pertempuran hanya sekadar gerombolan melawan gerombolan, hingga formasi melawan formasi, dimana segala hal menjadi pertimbangan.

Penggambaran pertempuran di film-film hollywood, itu masuk kategori pertempuran antar gerombolan. Semua campur aduk di tengah-tengah medan pertempuran. Kawan dan lawan ada di mana-mana. Untuk kondisi seperti ini, pemanah tentu saja akan menghentikan serangan mereka.

Tapi jika pertempuran antar formasi, pasukan panah masih bisa mencari posisi lebih tinggi atau bermanuver ke arah samping atau belakang formasi lawan, untuk menembakkan panah ke garis belakang pasukan mereka. Dengan harapan akan menjatuhkan moral pasukan lawan.

Related

History 5498954205974075236

Recent

item