5 Fakta Ponsel Refurbished yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Beli

5 Fakta Ponsel Refurbished yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Beli

Peredaran smartphone refurbished semakin marak di pasaran, dan sering kali ditawarkan dengan harga yang menggiurkan karena lumayan jauh lebih murah daripada yang baru.

Sebelum membeli smartphone refurbished, berikut ini 5 tip yang harus kamu perhatikan, agar bisa mendapatkannya dengan harga yang murah, tapi dengan kualitas tetap maksimal.

1. Ketahui dulu apa itu smartphone refurbished

Smartphone refurbished merupakan smartphone bekas yang diperbaiki langsung oleh pabrik asalnya, sehingga kualitasnya pun masih terjamin dibanding diperbaiki oleh pihak ketiga. 

Namun, meski dikatakan dari barang bekas, jangan takut karena bahan dan perakitannya tentu tidak asal-asalan. Karena kalau asal-asalan, tentu akan menjatuhkan image perusahaan perakitnya, kan?

2. Cari tahu smartphone yang akan kamu beli

Cari tahu dengan jelas tentang fisik dan fungsi dari smartphone refurbished yang ingin kamu beli, baik Android maupun Apple. Jangan sampai kamu mengira bahwa itu barang refurbished, yang ternyata adalah barang rekondisi. Namun kamu tidak sadar sama sekali karena kamu kurang mengenal barang itu.

3. Beli dari tempat yang terpercaya

Sekarang banyak penjual handphone refurbished online, sehingga kamu harus berhati-hati. Kalau membeli barang yang harganya jutaan, usahakan agar bisa COD (cash on delivery), jadi kamu juga langsung bisa mencoba handphone tersebut. Hal ini juga meminimalkan terjadinya penipuan online.

Kalau beli di toko, pastikan toko itu memiliki garansi resmi. Misalnya untuk iPhone, iPhone refurbished memiliki garansi resmi Apple selama 1 tahun. Jangan sampai toko tersebut hanya memberimu garansi satu bulan saja. 

4.Untuk iPhone, pastikan kotaknya tertulis "Apple Certified Pre-Owned"

Khusus untuk produk refurbished Apple, semua kotaknya pasti memiliki tulisan yang menandakan kalau barang itu adalah barang refurbished sehingga tidak akan tertukar dengan yang baru. Tulisannya bisa berupa "Apple Certified Pre-Owned" atau "Apple Certified Refurbished" dan semacamnya.

5. Aksesoris

Karena diperbaiki langsung oleh pabrik asal, aksesori yang diberikan tentu aksesori asli. Berhati-hatilah kalau kamu membeli smartphone refurbished tapi aksesori yang kamu dapatkan terlihat palsu.

Jadi sudah tahu kan, apa saja yang harus diperhatikan kalau mau membeli smartphone refurbished? Untuk kamu yang tidak punya budget cukup, smartphone refurbished tentu bisa jadi salah satu sarana untuk mendapatkan gadget canggih tanpa dana tinggi.

Related

Smartphone 2906535259005726985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item