Mengapa Tidak Ada Test Drive Saat Beli Motor Baru atau Bekas?

Mengapa Tidak Ada Test Drive Saat Beli Motor Baru atau Bekas?

Melakukan test drive atau uji coba sebelum membeli kendaraan adalah salah satu hal penting yang harus kita lakukan. Menjadi sebuah keseharusan yang tidak wajib bagi kita, tapi sangat berpengaruh, karena akan jadi milik kita dalam jangka panjang, dan harus merawat dan menjaganya.

Melakukan test drive pada mobil harus dilakukan, tapi bagaimana dengan motor? Sepertinya kita tidak diberi kesempatan untuk melakukan test drive saat membeli motor baru atau bekas. Kenapa?

Alasan pertama, karena motor sudah menjadi alat transportasi yang paling umum. Artinya, setiap calon pembeli pasti sudah paham benar dan menguasainya dengan baik. Mungkin juga pernah mencoba motor temannya. Atau setidaknya pernah atau bisa naik sepeda.

Alasan kedua, dimensi motor lebih ringkas daripada mobil. Faktor keselamatan, sisi blind spot, kenyamanan berkendara, daya angkut, karakter mesin, kelengkapan fitur, ukuran akomodasi, bukan persoalan besar jika hanya akan membeli motor baru atau bekas.

Alasan ketiga, harga motor umumnya relatif lebih murah dibanding mobil. Harga mobil yang bernilai ratusan juta hingga miliaran tentu konsumen harus mendapatkan mobil sesuai yang dia inginkan, dan kualitas produk harus sesuai dengan nilai uang yang dia keluarkan.

Tingkat kenyamanan, nilai prestise, dan lambang kesuksesan adalah faktor penentu yang jadi nilai tambah saat memilih mobil. Faktor ini nyaris tidak dimiliki oleh motor yang sifat dan karakter mobilitasnya lebih tinggi dibanding mobil. Motor tetap memiliki daya tarik, tapi setidaknya beda kelas.

Alasan keempat, fakta yang belum banyak orang tahu, adalah ternyata di luar negeri jika ingin beli mobil, kita bisa 'meminjamnya' terlebih dulu selama beberapa bulan. Jika cocok, kita bisa langsung membayarnya. Jika tidak, dan jarak tempuh melebihi batas ketentuan, maka kita akan dikenai biaya sewa dan biaya tambahan. Anggap saja kita menyewa mobil baru dari dealer langsung.

Beberapa alasan di atas bisa menjadi penyebab kenapa tidak ada program test drive pada penjualan baik motor baru dan bekas.

Related

Automotive 3234415727049391397

Ads

Topic

Recent

item