Mengenal 7 Jenis Jam Tangan Pria, Sesuai Fungsi dan Tampilannya

Mengenal 7 Jenis Jam Tangan Pria, Sesuai Fungsi dan Tampilannya

Selain untuk melihat waktu, jam tangan juga bisa menunjang penampilan, terutama untuk cowok. Bisa dibilang, jam tangan merupakan statement wear bagi cowok, hampir setara dengan tas cewek yang merupakan statement wear mereka.

Jam tangan cowok sebenarnya mempunyai beberapa kategori. Jika berdasarkan cara menampilkan waktu, jam tangan dibagi menjadi dua jenis, yaitu digital dan analog. Berdasarkan penampilan, setidaknya ada tujuh jenis jam tangan pria yang bisa kamu gunakan. 

1. Jam tangan kasual

Jenis jam tangan ini merupakan jam tangan cowok yang paling mudah ditemui di toko jam tangan. Jam kasual memiliki ciri-ciri strap dari bahan kulit, dan desainnya cenderung simpel.

Jam tangan kasual biasanya cuma menampilkan satu jenis waktu, seperti analog atau digital. Beberapa jam tangan kasual modern sudah memiliki fitur waterproof dan stopwatch sederhana (khusus jam digital).

2. Jam tangan formal

Jam tangan ini biasanya digunakan pada momen formal, seperti bekerja dan acara pernikahan. Jam formal (dress watch) biasanya memiliki strap berukuran besar dari bahan rantai atau stainless steel, dan warnanya hanya bervariasi antara silver dan gold.

Jika kamu memakainya, jam tangan ini akan menambahkan kesan elegan pada keseluruhan penampilan. Jam tangan ini tidak direkomendasi untuk digunakan saat penampilan kasual atau semi formal.

3. Jam tangan chronograph

Pernah lihat jam yang punya banyak penunjuk waktu? Sebetulnya itu bukan penunjuk waktu, melainkan pengukur waktu alias stopwatch. Karena itu, jam tangan ini bisa digunakan untuk kamu yang suka olahraga atau aktivitas yang sering menggunakan perhitungan waktu.

Jam tangan chronograph memiliki desain yang simpel, dengan strap terbuat dari kulit, namun kompleks pada bagian ban jam tangannya. Jam tangan ini dapat memberikan kesan keren dan maskulin. Tapi jika kamu jarang memakainya, fungsi stopwatch-nya akan mubazir.

4. Jam tangan sporty

Jam tangan ini sangat cocok untuk kamu yang punya active lifestyle dan suka tampil beda. Jam tangan sporty biasanya jam tangan digital atau campur dengan analog, agar mudah dan cepat dalam menunjukkan waktu.

Selain itu, jam tangan ini mempunyai fitur seperti stopwatch, waterproof, dan GPS. Desain sport watch memiliki kombinasi warna yang agak kontras. Sehingga cocok untuk kamu yang senang berpenampilan sporty wear ataupun kasual, yang bukan monochrome style.

5. Jam tangan pintar

Jam tangan ini mulai jadi tren di kisaran tahun 2010-an, dan memiliki fitur yang sesuai dengan namanya. Smartwatch umumnya mempunyai fitur touch screen; aplikasi standar smartphone seperti text messaging, calendar, music, dan bahkan ada fitur mengukur kondisi vital tubuh.

Desain smartwatch memiliki beragam variasi, dari yang simple elegant hingga colorful. Jika ingin membeli smartwatch, disarankan untuk membeli yang sesuai dengan gaya hidupmu. Kamu bisa memakainya di berbagai momen, seperti aktivitas sehari-hari, acara formal, ataupun olahraga, tergantung dari jenis tampilannya.

6. Jam tangan khusus

Beberapa jam tangan didesain dan dibuat khusus untuk profesi tertentu, seperti jam khusus astronot dan jam tangan khusus penyelam. Jam tangan ini lebih mengutamakan fitur daripada desain.

Sebagai contoh, jam tangan penyelam yang memiliki fitur dengan tingkat water resistance jauh lebih tinggi daripada jam tangan sporty maupun kasual. Walaupun digunakan khusus menyelam, desain jam tidak kalah keren dengan jam tangan model lain.

7. Jam tangan mewah

Jam tangan ini memiliki beberapa pernak-pernik tambahan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan oleh sebuah jam tangan. Misalnya terdapat batu permata atau strap yang terbuat dari emas murni.

Jam tangan ini biasanya lebih sering dipajang sebagai koleksi para kolektor jam tangan. Sangat cocok dipakai untuk pergi ke acara-acara berkelas untuk meningkatkan kesan elegan dan mewah pemakainya.

Related

Male 8880065041515555493

Ads

Topic

Recent

item