10 Fakta Kim Jong Un yang Masih Jarang Diketahui Dunia


Naviri Magazine - Secara penampilan, Kim Jong Un bisa dibilang biasa-biasa saja. Kalau saja bukan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mungkin akan dipandang seperti umumnya anak muda lain di dunia, khususnya di Asia. Yang membedakan, Kim Jong Un adalah pemimpin negara yang tidak hanya ditakuti dalam negerinya sendiri, tapi juga membuat dunia ketar-ketir.

Seperti kita tahu, Kim Jong Un telah berkali-kali membuat ulah yang menyedot perhatian internasional. Di antaranya meluncurkan peluru kendali yang melintasi wilayah udara Jepang, sampai mengumumkan keberhasilan uji coba bom hidrogen. 

Selama ini, Kim Jong Un memang dikenal kontroversial, khususnya terkait kepemimpinannya di Korea Utara. Berikut ini sepuluh fakta terkait Kim Jong Un, yang masih jarang diketahui dunia. 

Usia 

Ada beberapa perdebatan tentang usia pemimpin Korea Utara  ini. Pada tahun 2016, Departemen Keuangan Amerika Serikat mencatat tanggal lahir Kim Jong Un pada 8 Januari 1984. Sementara, sumber lain menunjukkan bahwa dia lahir pada hari itu, pada tahun 1983. 

Ibunya adalah Ko Yong Hui, dan ayahnya adalah Kim Jong Il, mantan pemimpin Korea Utara yang memerintah dari tahun 1994 sampai kematiannya pada tahun 2011. 

Putra bungsu  

Dari tujuh anak Kim Jong Il, yang terdiri dari empat anak perempuan dan tiga anak laki-laki, Kim Jong Un adalah putra bungsu. 

Kim Jong Nam 

Kakak tertua Kim Jong Un, yaitu Kim Jong Nam, pada awalnya direncanakan menjadi pengganti ayah mereka. Kim Jong Nam tewas diracun di Malaysia pada Februari 2017. 

Pendidikan 

Kim Jong Un remaja mengikuti pendidikan di Liebefeld-Steinhölzli Schule, sebuah sekolah negeri di Swis, selama dua tahun. Ia bersekolah di bawah nama samaran Pak Un. Diduga, dia kembali ke Pyongyang, saat Kim Jong Un tiba-tiba menghilang dari sekolah, ketika berusia 17 tahun. 

Nilai jelek 

Saat menempuh pendidikan di Swiss, ia mendapat nilai jelek untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, dan mendapat nilai bagus dalam bidang musik dan studi teknik. 

Keju dan rokok 

Kim Jong Un disebut sangat suka dengan keju, dan merupakan perokok berat. Dua hal ini yang dikabarkan menyebabkan masalah kesehatan dan berat badan. 

Bola basket NBA 

Di luar sikap kerasnya dalam pemerintahan, Kim Jong Un dikenal sebagai penggemar kompetisi bola basket NBA. Di masa kecilnya, Kim Jong Un adalah penggemar mega bintang NBA, Michael Jordan. 

Kim Jong Un juga memiliki persahabatan yang erat dengan mantan pemain NBA, Dennis Rodman. Rodman sudah pernah mengunjungi Kim Jong Un di Pyongyang dalam beberapa kesempatan. 

Gelar 

Kim Jong Un memiliki dua gelar, satu di bidang fisika dari Universitas Kim il Sung, dan satu lagi sebagai perwira Angkatan Darat yang diperoleh dari Universitas Militer Kim Il Sung. 

Menikah 

Kim Jong Un dikabarkan menikahi Ri Sol Ju di tahun 2009, dan pada 2012 pasangan tersebut memiliki seorang putri bernama Ju Ae. Ada yang berspekulasi bahwa Kim Jong Un memiliki lebih dari satu anak. 

Eksekusi 

Kim Jong Un disebut telah mengeksekusi mati lebih dari 300 orang, termasuk setidaknya 140 pejabat senior, sejak dia berkuasa pada tahun 2011. Dia pun melakukan eksekusi terhadap pamannya, Jang Song Thaek, yang ditangkap dan dihukum karena pengkhianatan pada tahun 2013.

Related

International 8049884948678695522

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item