5 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang


Naviri Magazine - Ada hobi mahal, ada pula hobi sederhana. Hobi mahal, misalnya, terjun payung. Untuk bisa menikmati hobi semacam itu tentu membutuhkan biaya yang bisa jadi tidak sedikit. Dari membeli payung khusus untuk terjun sampai membayar biaya masuk lokasi khusus untuk terjun payung. 

Ada pula hobi balap mobil. Itu juga tentu hobi mahal, karena artinya harus punya mobil balap yang harganya tentu tidak murah.

Sedangkan hobi sederhana adalah hobi yang tidak membutuhkan banyak biaya, sehingga bisa dilakukan siapa pun, bahkan bisa dilakukan di mana saja. Yang menarik, hobi-hobi sederhana—jika ditekuni dengan baik—bisa menghasilkan banyak uang. Lima hobi berikut ini misalnya.

1. Memasak

Jangan anggap sepele persoalan memasak. Memasak adalah hal yang sangat penting karena menyangkut urusan perut. Keahlian memasak juga bisa membawa keuntungan.

Bagi yang suka memasak, tak ada salahnya untuk mencoba memasarkan resep terbaik yang dimiliki. Kalau respons positif, teruskan usaha itu, sampai memiliki pangsa pasar yang luas.

2. Membuat kerajinan tangan

Kalau kita punya kemampuan membuat kerajinan tangan yang cantik, tak ada salahnya mencoba peruntungan di bidang ini. Karya seni yang menarik bisa mendatangkan keuntungan besar kalau kita bisa memasarkannya dengan baik. Kita bisa mulai dari membuat aksesoris seperti kalung, gelang, cincin, dan lain-lain.

3. Menulis

Menulis bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Hobi ini bisa memberikan banyak uang, loh! Ada banyak kesempatan dan peluang yang memungkinkan kita menghasilkan uang dari menulis. Kuncinya adalah berusaha, konsisten, dan sabar. 

Sekarang banyak portal online yang membuka lowongan penulis untuk mengisi konten di situs mereka. Ini bisa juga kita manfaatkan.

4. Fotografi

Suka jeprat-jepret pakai kamera? Kenapa tidak menjadikan hobi fotografi sebagai ladang uang? Hasil foto-foto yang bagus bisa menarik minat orang untuk menyewa jasa kita sebagai fotografer. Misalnya untuk pre-wedding, acara pernikahan, atau event-event lainnya.

5. Desain grafis

Jangan ragu menjaring uang sebanyak-banyaknya kalau kita punya kemampuan desain grafis. Banyak sekali orang yang sangat membutuhkan jasa desain grafis, terutama perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang.

Related

Money 362848336243710223

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item