Apa Penyebab Bunglon Mengubah Warna Kulitnya?


Naviri Magazine - Selain untuk berkamuflase, bunglon mengubah warna kulitnya untuk beberapa hal lain. Di antaranya karena sinar matahari, karena suhu, dan karena keinginan tertentu.

Ketika bunglon cokelat ingin berjemur di bawah sinar matahari, ia akan mengubah warna kulitnya menjadi hijau untuk memaksimalkan refleksi sinar matahari yang didapat. 

Ketika suhu dingin, bunglon juga akan mengubah warna kulitnya menjadi lebih gelap, untuk memaksimalkan penyerapan panas.

Selain itu, bunglon juga bisa mengubah warna kulitnya karena “ditantang” sesama bunglon untuk berubah warna tertentu, misalnya merah. Atau, bisa juga karena ingin menarik perhatian betina, bunglon jantan akan mengubah warna kulitnya menjadi ungu, biru, kemerahan, atau lainnya. 

Meski memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya, namun bunglon tidak bisa berubah kulit ke semua warna, dan hanya terbatas pada warna-warna tertentu saja.

Related

Animals 2003869349829814739

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item