Ini 4 Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Nafsu Makan


Naviri Magazine - Kurang nafsu makan, atau bahkan kehilangan selera makan, bisa terjadi pada siapa saja, dengan beragam latar belakang. Ketika stres, misalnya, sebagian orang ada yang justru makin “menggila” dalam hal makan, namun ada pula yang kehilangan selera makan. 

Bagi orang yang seperti itu, makanan sama sekali tidak tampak menarik, tapi justru membosankan atau bahkan membuat mual. Jika hilangnya selera makan tidak segera diatasi, maka tentu efeknya bisa menjalar ke hal lain, semisal tubuh jadi lemah dan mudah sakit.

Dalam meningkatkan selera makan, beberapa orang menggunakan resep tertentu, atau bahkan mengonsumsi obat/pil tertentu. Namun, sebenarnya, ada cara yang cukup mudah dalam hal ini, yaitu dengan “menata” makanan yang akan disantap. Dengan cara penyajian yang tepat, hilangnya selera makan bisa diatasi. Berikut ini beberapa cara membangkitkan dan meningkatkan selera makan.  

Makanan cantik

Makanan yang dibuat atau dihias dengan cantik bisa membangkitkan selera makan seseorang. Anak-anak kecil biasanya sangat terarik dengan makanan yang berwarna-warni, karena itu menggoda visual mereka. Orang dewasa pun sebenarnya tak jauh beda. Penelitian membuktikan bahwa makanan yang disajikan dengan cantik bisa meningkatkan selera makan seseorang. 

Para penjual nasi yang dikemas boks plastik tembus pandang sangat tahu hal ini. Mereka sengaja menata nasi beserta lauk pauknya dengan penataan yang cantik, hingga menggoda mata calon pembelinya.

Makanan berbau sedap

Hanya mencium aroma masakan yang sedap, seseorang bisa tiba-tiba merasa lapar. Anak-anak Anda pun mungkin tiba-tiba merengek ingin segera makan gara-gara mencium bau sedap masakan yang sedang diolah di dapur. Karenanya, menyajikan makanan yang memiliki bau sedap adalah cara yang efektif untuk menggugah selera makan.

Makanan segar

Yang dimaksud makanan segar bisa apa saja. Sayur sup yang masih panas mengepulkan asap, atau roti buatan sendiri yang baru dikeluarkan dari oven, atau lainnya. 

Menyaksikan sayur sup yang dingin dan tampak layu mungkin akan menurunkan nafsu makan, sama halnya menyaksikan roti yang sudah berjamur dan tengik. Tapi sayur sup yang masih panas—apalagi tampak segar dan sedap—bisa meningkatkan selera makan, sama halnya roti panas berbau harum yang baru dikeluarkan dari oven.

Makanan berwarna merah

Banyak orang yang mudah tergugah selera makannya jika melihat olahan makanan berwarna merah. Warna merah mengingatkan kita pada rasa pedas yang nikmat—rasa pedas yang justru membuat kita “ketagihan”. 

Karena itu pula, banyak restoran sengaja menghidangkan makanan berwarna merah, atau sambal berwarna merah. Tujuannya sama—membangkitkan dan meningkatkan selera makan orang. 

Related

Health 7441887806789142856

Recent

Hot in week

item