Kisah Inflasi Gila di Zimbabwe, Sebutir Telur Harganya Miliaran

Kisah Inflasi Gila di Zimbabwe, Sebutir Telur Harganya Miliaran

Robert Mugabe jadi orang yang paling bertanggung jawab atas krisis ekonomi yang parah di negara Zimbabwe. Kebijakan yang dikeluarkannya pada akhir 90-an dan awal 2000-an tentang kebijakan radikal mengenai distribusi lahan membuat Zimbabwe akhirnya mengalami kekurangan bahan pokok kronis. 

Di lain sisi, bank sentral negara itu terus mencetak uang, agar bisa membiayai defisit anggaran yang terjadi di zimbabwe. Akibatnya, zimbabwe mengalami lonjakan harga berbagai keperluan yang sangat drastis, hingga akhirnya mencapai puncaknya ketika seluruh harga bahan pokok naik dua kali lipat setiap 24 jam.

Nilai mata uang mereka terhadap dolar benar-benar sangat lemah, hingga akhirnya dilanda krisis ekonomi serta inflasi. Kini mata uang Zimbabwe sudah tidak bisa dijadikan alat tukar, karena sudah tak ada harganya, bahkan yang paling gila nilai tukar untuk 1 US dollar = 35.000 triliun dollar Zimbabwe. 

Anda hanya bisa membeli 3 butir telur, sekalipun uang yang anda miliki adalah 100 miliar zimbabwe. Akibatnya, untuk mengatasi masalah ini, AS akhirnya menghapus mata uang Zimbabwe, dan menggantinya dengan dolar Amerika.

Related

International 5965192498188649286

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item