Konten Kreator Perlu Tahu, Ini Spesifikasi Laptop untuk Video Editing


Video editing merupakan aktivitas lumrah yang kini digandrungi banyak orang. Bukan hanya sebagai kebutuhan pekerjaan kantoran, video editing juga dilakukan oleh mereka yang jadi pekerja lepas, seperti konten kreator.

Memang benar, kebutuhan video editing untuk pekerjaan kantoran dan pekerjaan sebagai konten kreator akan menghasilkan video yang berbeda. Akan tetapi, kebutuhan perangkat mumpuni tetap wajib ada pada dua kepentingan berbeda ini.

Masalahnya, tidak semua perangkat pintar seperti laptop layak untuk Anda jadikan sebagai medium untuk mengedit video. Terdapat beberapa spesifikasi dan syarat-syarat khusus yang harus ada di laptop khusus video editing, namun tidak ada di laptop pada umumnya.

Apa saja syarat-syarat tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Performa & Spesifikasi Laptop

Syarat paling dasar laptop untuk video editing yaitu performa dan spesifikasi laptop yang mumpuni. Tentu kita tahu, aplikasi-aplikasi khusus video editing biasanya akan memakan banyak ruang penyimpanan dan performa kerja laptop.

Oleh karena itu, penting bagi laptop khusus video editing untuk memiliki prosesor bertenaga seperti Intel Core H Series hingga AMD Ryzen H Series. Dua tipe prosesor ini akan tepat untuk kebutuhan video editing, karena memiliki tenaga berkali-kali lipat lebih besar dibanding tipe prosesor lainnya.

Tak hanya itu, laptop untuk video editing wajib dibekali chip grafis dengan kualitas NVIDIA GeForce RTX dan GTX. Kemudian, dari segi kapasitas RAM minimal memiliki 8GB RAM DDR4, yang setidaknya telah menggunakan PCIe SSD. Ini penting, agar selama beroperasi, laptop tetap dalam performa paling stabil.

Resolusi Layar yang Jernih

Syarat kedua berkaitan dengan spesifikasi resolusi layar. Salah satu unsur penting dalam video editing yaitu daya tarik visual yang ditawarkan video. Agar dapat menciptakan video dengan kualitas terbaik, penting untuk menggunakan laptop dengan resolusi layar paling jernih, dan dapat mereproduksi spesifikasi warna yang tinggi, detail dan tajam.

Reproduksi warna lebih detail dapat dihasilkan dari fitur layar laptop dengan color gamut 100% sRGB DCI-P3. Spesifikasi ini memberikan kemampuan kepada layar laptop untuk menghasilkan warna lebih banyak dan lebih tajam.

Reproduksi Warna yang Detail 

Bukan hanya layar dengan kemampuan reproduksi warna yang kaya, tetapi laptop untuk video editing juga harus dapat menampilkan detail warna secara tajam dan akurat. Ini berkaitan dengan konsistensi layar laptop dalam menampilkan hasil video dengan kualitas terbaik.

Hasil tampilan layar yang kaya dan akurat dapat Anda miliki di laptop dengan sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar laptop dengan sertifikasi ini sudah pasti memiliki tingkat akurasi paling tinggi, yang sangat cocok untuk disandingkan dengan laptop khusus video editing.

Layar Memenuhi Kebutuhan Visual Modern

Guna memaksimalkan aktivitas video editing, fitur visual modern seperti High Dynamic Range juga jadi checklist yang harus ada dalam laptop untuk video editing. Tak hanya itu, laptop juga harus memiliki fitur response time yang dinamis dengan minimal 3ms.

Bukan hanya laptop gaming yang wajib memiliki response time yang cepat. Laptop untuk kebutuhan video editing juga demikian, agar selama proses pengerjaan tetap berlangsung secara efektif.

Konektivitas yang Mumpuni

Selain syarat-syarat internal, ada juga syarat eksternal yang wajib dipenuhi. Salah satu syarat eksternal tersebut yakni kebutuhan konektivitas.

Selama melakukan edit video, perangkat tambahan seperti mouse, ruang penyimpanan eksternal, monitor tambahan, hingga alat-alat lainnya wajib ada, agar proses editing video dapat dilakukan secara efisien. Maka tak heran, untuk memenuhi standar laptop video editing, perangkat tersebut harus memiliki jumlah konektivitas yang mumpuni.

Minimal, beberapa konektivitas yang harus ada pada laptop video editing seperti port USB Type-A, HDMI, USB Type-C dan lain sebagainya. Koneksi video juga tidak bisa diremehkan. Dengan tambahan teknologi WiFi 6, kegiatan video editing di laptop akan bisa berjalan dengan lancar.

Related

Technology 3785592135871068644

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item