Memahami Kutub Magnetik, Garis Lintang, dan Garis Bujur


Naviri Magazine - Kutub magnetik adalah gerakan inti Bumi yang berupa benda cair yang telah membuat Bumi menjadi magnet raksasa. Kutub magnetik utara terletak kira-kira 1.600 kilometer dari kutub utara yang sejati, sedang kutub magnetik selatan terletak kira-kira 2.750 kilometer dari kutub selatan yang sejati. 

Kutub magnetik sangat penting bagi aktivitas pelayaran maupun penerbangan. Namun, mungkin karena gerakan inti Bumi yang selalu berubah hingga 30.000 tahun yang lalu, kutub magnetik utara justru lebih dekat ke kutub selatan yang sejati. Sampai saat ini penyebab pergeseran kutub magnetik itu masih menjadi misteri bagi para ahli.

Garis lintang dan garis bujur

Di dalam peta atau bola dunia, kita dapat melihat garis-garis yang berderet dari utara ke selatan, dan dari barat ke timur. Yang dari utara ke selatan disebut garis lintang, sedang yang dari barat ke timur disebut garis bujur.

Garis lintang dihitung dari 00 di Khatulistiwa sampai 900 di kutub utara dan selatan. Sedangkan garis bujur dihitung dari 00 di Greenwich di London, Inggris, sampai 1.800 di Samudera Pasifik.

Related

Science 1166718074319027996

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item