Ternyata, Bunyi Jangkrik adalah Rayuan Jantan pada Betina


Naviri Magazine - Jangkrik adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh rata, dan antena panjang. Jangkrik adalah omnivora yang dikenal dengan suara khasnya. Namun, hanya jangkrik jantan yang bisa mengeluarkan suara atau bunyi khas tersebut. 

Suara itu ditujukan untuk menarik jangkrik betina, dan mengusir jangkrik jantan dari wilayahnya.

Suara jangkrik biasanya akan semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Pada saat ini, diperkirakan ada 900 spesies jangkrik.

Di mana letak telinga jangkrik?

Mungkin jarang yang mengira, kalau telinga jangkrik tidak terdapat di kedua sisi kepalanya, namun terletak di bawah lutut kaki depannya. Masing-masing telinga jangkrik berupa sebuah lubang kecil dengan penutup tipis dan kencang. Melalui lubang-lubang kecil itulah jangkrik menangkap bunyi atau suara.

Sekadar catatan, meski jangkrik dikenal dengan suaranya yang khas, namun hanya jangkrik jantan yang mampu menghasilkan suara, yaitu dengan cara menggosok-gosokkan sayapnya.

Related

Animals 63244520743432775

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item