Tips dan Trik Unik Mempromosikan Produk agar Konsumen Tertarik


Ada beragam cara dilakukan para produsen dalam mempromosikan produk mereka. Beberapa di antaranya memilih cara yang unik. Tujuannya jelas, untuk menarik perhatian konsumen. 

Seperti yang dilakukan MS Glow. Saat meluncurkan sheet mask terbaru mereka, yakni Sheet Mask MS Cosmetic by MS Glow dengan 4 varian yaitu Salmon DNA, Ceremide, Marine Collagen, dan Hyaluronic Acid, mereka memilih cara unik. Ketika itu mereka memilih mengadakan acaranya di lokasi bertema lautan dan aquarium, yaitu Jakarta Aquarium & Safari di wilayah Jakarta Barat. 

Saat proses launching pun muncul atraksi putri duyung atau Mermaid Show yang bercerita tentang kegalauan salah satu putri duyung karena kecantikannya yang memudar. Sang Putri duyung yang muncul di aquarium raksasa tersebut terus berenang ke dasar laut hingga membuat decak kagum para tamu undangan. Sampai pada akhirnya sang putri duyung berhasil menemukan produk sheet mask tersebut. 

"Tema laut dan putri duyung sengaja dipilih karena dianggap mampu merepresentasikan khasiat, packaging, serta tema dari sheet mask itu sendiri, yakni keindahan alam dan lautan," kata CEO Ms Glow, Shandy Purnamasari ketika itu. 

Konsep launching unik lain datang dari es krim Magnum varian Magnum Pints pada 2017 silam, yang membuat kemasan raksasa dan juga sesi pemecahan es batu balok raksasa yang berisi Magnum Pints. 

Para tamu undangan ketika itu dapat memecahkan es batu balok berukuran besar tersebut sambil berfoto hingga akhirnya kemasan raksasa dari Magnum Pints dibuka di tengah-tengah tamu undangan. 

Konsep unik juga datang dari launching New Pantene 2015 silam, yang memanfaatkan media sosial dengan membuat isu frustasi dari sang Brand Ambassador (Raline Shah). Tujuan membuat isu tersebut agar bisa mendapatkan perhatian lebih dari netizen, serta menciptakan eksposur yang besar. 

Selain itu, strategi launching berikutnya ialah menggandeng buzzer yang mampu memicu gossip bahwa Raline benar-benar mengalami frustasi. 

Akhirnya, sejumlah buzzer dan KOL (key opinion leader) mem-follow lewat pertanyaan yang dikicaukan di akun Twitter mereka. Tujuannya, agar tercipta keingintahuan publik. Di akhir kampanye, Raline pun memberitahukan bahwa penantian panjang untuk mendapatkan solusi kerusakan rambutnya adalah brand shampo tersebut. 

Tidak kalah unik dengan semua produk tersebut adalah tatkala klub Arema FC meluncurkan tim dan jersey pada Juli 2022 lalu. Konsep launching jadi unik karena pihak Arema FC mengklaim akan ada mystery guest yang hadir dalam acara peluncuran tersebut. 

Alhasil, banyak Aremania yang penasaran dan ingin hadir dalam acara peluncuran di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur. Kemudian barulah pada hari peluncuran tim dan jersey, Arema FC mengungkap siapa sosok mystery guest yang sebelumnya digembar-gemborkan kepada pihak media dan netizen. 

Sosok mystery guest tersebut adalah grup band Gigi dan juga Ghea Youbi. Konsep mystery guest ini cukup menarik karena akhirnya membuat masyarakat benar-benar menantikan proses launching tersebut. 

Related

Business 1890930589314921525

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item