Mengenal Corporate Gift dan Manfaatnya untuk Kelancaran Bisnis


Kelancaran bisnis tidak terlepas dari cara kita menjaga hubungan baik dengan partner, staf, maupun konsumen. Tentu ada bermacam hal yang bisa kita lakukan untuk tetap dekat dengan berbagai pihak. Salah satu contohnya melalui corporate gift.

Corporate gift mengacu pada pemberian hadiah atas nama brand. Perusahaan biasanya menyiapkan corporate gift bukan hanya untuk konsumen mereka, melainkan juga partner, staf, serta calon clien. Corporate gift dapat berupa benda-benda fisik seperi camilan, aksesoris, dan merchandise, maupun benda-benda nonfisik seperti eVoucher atau eTicket.

Mengapa perlu menyediakan corporate gift?
 
Ketika kita memberikan hadiah, pemberian tersebut bisa membuat kita dan pemerima hadiah semakin terhubung. Tidak heran, banyak perusahaan maupun tim promosi yang menggunakan strategi ini untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen maupun calon konsumen. 

Corporate gift juga berperan penting untuk menunjukkan apresiasi sekaligus meningkatkan kepuasan konsumen dan return of investment.

5 manfaat pemberian corporate gift 
 
Corporate gift bukan hanya bermanfaat untuk penerimanya, melainkan juga untuk perkembangan bisnis kita. Yuk, simak 5 peran corporate gift pada bisnis! 

1. Mengelola budget secara efektif
 
Apabila kita merencanakan pemberian hadiah, kita akan belajar mengelola keuangan bisnis secara lebih baik lagi. Soalnya, kita perlu mempersiapkan budget maksimal yang bisa digunakan. 

Tentu saja, kita tidak harus selalu memberikan hadiah yang nominalnya besar. Hadiah-hadiah sederhana yang bermanfaat justru lebih berdampak signifikan terhadap perkembangan bisnis kita.

2. Menghemat waktu

Pernah membayangkan situasi ketika kita harus mendekati calon pelanggan yang berpotensi, atau mengungkapkan rasa terima kasih kepada mitra bisnis atas hasil kerjasama yang memuaskan? 

Tentu saja kita akan menggunakan banyak waktu untuk mempersiapkan proses produksi hadiah, mulai dari jenis hadiah, pilihan vendor, serta budget cadangan. Hal ini tidak akan kita alami jika sudah terlebih dahulu menyediakan corporate gift.

3. Mendapat ulasan dan rekomendasi
 
Hadiah-hadiah sederhana yang kita berikan bisa menarik perhatian orang-orang yang menerimanya. Di samping itu, mereka juga bisa menceritakan hadiah tersebut ke keluarga dan teman-teman mereka, serta membagikan kebahagiaan mereka di media sosial. 

Secara tidak langsung, cara ini akan membantu bisnis kita untuk mendapatkan ulasan positif dan promosi dari mulut ke mulut.

4. Ucapan terima kasih untuk para staf
 
Selain menjadi salah satu cara untuk menjaga hubungan baik dengan partner dan konsumen, corporate gift juga bisa kita gunakan untuk memberikan penghargaan terhadap para staf. 

Sebagai contoh, pemberian hadiah tersebut bisa dilakukan ketika ada staf yang berulang tahun. Kita juga bisa memberikan pesan berupa ucapan selamat serta menyesuaikan hadiah yang diberikan dengan kecenderungan staf.

5. Menunjukkan rasa terima kasih
 
Hadiah yang kita berikan merupakan salah satu cara efektif untuk mengungkapkan terima kasih, baik kepada konsumen maupun staf. Tanpa dukungan mereka, tentu brand bisnis kita akan sulit untuk berkembang. Tentu saja, ungkapan rasa terima kasih yang kita berikan juga dapat membantu membangun reputasi bisnis yang baik.

Meskipun sering dianggap sebagai hal yang sederhana, pemberian hadiah dari perusahaan maupun bisnis yang kita jalankan memiliki dampak yang signifikan. Jadi, pastikan kita memanfaatkan kesempatan untuk memberikan apresiasi kepada mereka melalui corporate gift. 

Related

Tips 5558158519666599024

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item