5 Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas yang Sering Terjadi


Apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas? Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian paling tinggi selain HIV, diabetes, dan Covid-19. Banyak faktor yang mengakibatkan insiden ini terjadi, bisa karena kesalahan pengemudi, kondisi kendaraan, atau keadaan alam.

Inilah Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadi kecelakaan lalu lintas antara lain:

1. Kesalahan Manusia

Faktor pertama yaitu kesalahan manusia alias human error. Ini merupakan penyebab utama mengapa kecelakaan lalu lintas terjadi. Setidaknya lebih dari 60% kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh faktor tersebut.

Menurut Pudji Hartono, mantan Direktur Jenderal Perhubungan Darat menyatakan bahwa faktor manusia berkaitan dengan kemampuan maupun karakter mereka dalam mengemudikan kendaraan. Hal tersebut berpengaruh terhadap keselamatannya di jalan raya.

Adapun, beberapa kesalahan dari para pengemudi antara lain:
  • Tidak fokus, mengantuk, atau kelelahan.
  • Belum mahir dan bahkan belum mampu menyetir.
  • Kesalahan ketika bereaksi, baik karena panik maupun reaksi yang cenderung lamban.
  • Menyetir sambil main gawai.
  • Mengemudikan kendaraan di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan narkotika.

2. Kondisi Jalan

Penyebab kecelakaan lalu lintas yang kedua yaitu berkaitan dengan kondisi jalan. Anda tahu kondisi jalan di negara Indonesia memang masih memprihatinkan. Setidaknya terdapat 4 kondisi jalan yang mengakibatkan laka lantas:

a. Kurangnya Penerangan

Penerangan jalan menyebabkan jarak pandang menjadi lebih kecil terutama ketika malam hari. Akibatnya, para pengemudi tersebut harus mengandalkan lampu kendaraan yang jarak pandangnya hanya 1,5 meter.

Artinya, pengemudi hanya dapat mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan kurang lebih 75 km/jam. Kondisi gelap juga menjadi sebab pengemudi mengantuk.

b. Jalan Berlubang

Selain kondisi jalan yang gelap, jalan berlubang juga mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kondisi jalan tersebut membuat para pengemudi harus mengerem atau menghindar secara mendadak.

Akibatnya, ada pengemudi yang oleng dan akhirnya terjatuh. Ada juga ketika menghindar malah tabrakan dengan kendaraan lain.

c. Tidak Terdapat Rambu Lalu Lintas

Adanya rambu jalan membantu para pengemudi agar lebih konsentrasi ketika berkendara. Apalagi pada saat kondisi jalanan menurun, bergelombang, menanjak, maupun menikung. Ketiadaan rambu menyebabkan pengendara kehilangan ‘pemandu’ saat berkendara di kondisi jalan tersebut.

d. Tikungan Tajam

Khususnya untuk jalan tol, banyak kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi. Adanya tikungan tajam juga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

3. Faktor Alam

Kondisi alam juga dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Salah satu yang membahayakan para pengemudi yaitu hujan deras. Jalan menjadi licin serta membuat jarak pandang pengemudi terbatas.

Kemudian terdapat faktor alam lainnya. Misalnya banjir, kabut, longsor, gempa bumi, dan lain-lain.

4. Masalah dengan Kendaraan

Penyebab berikutnya memang tidak sesering seperti faktor lainnya. Permasalahan berkaitan dengan kendaraan seperti rem blong juga bisa terjadi. 

Banyak faktor yang menyebabkan kendaraan mengalami rem blong. Faktor utama karena minyak rem habis. Bisa juga karena terdapat  bagian rem yang telah usang atau rusak. Untuk itu, Anda perlu rutin mengecek kondisi kendaraan. Terutama ketika Anda sering bepergian jauh sehingga bisa meminimalisir masalah kendaraan yang muncul.

5. Muatan Berlebih

Masalah ini umum dialami kendaraan besar seperti bus dan truk. Overload atau kelebihan muatan merupakan masalah serius. Kendaraan pun menjadi  tidak seimbang. Akibatnya kendaraan mudah oleng ketika harus mengerem mendadak maupun melaju terlalu kencang. 

Maka dari itu, sebaiknya memperhatikan beban muatan kendaraan sebelum benar-benar mengemudikannya.

Sudah Paham Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas?

Itulah beberapa penyebab kenapa kecelakaan lalu lintas sering terjadi. Bagi yang memerlukan asuransi kecelakaan kerja, Anda dapat bergabung di Simas. Anda akan memperoleh banyak keuntungan seperti:
  • Bengkel authorized.
  • Beli asuransi online.
  • Proses pengurusan asuransi mudah.

Simas Insurtech menjadi solusi untuk memberikan perlindungan bagi para pengemudi di jalan raya. Semoga bermanfaat.

Related

Automotive 1744592555343373207

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item