Apa Pengkhianatan yang Dilakukan Steppenwolf Pada Darkseid?


Film Justice League Snyder Cut menghadirkan perubahan drastis bagi sosok Steppenwolf. Dalam film tersebut, Steppenwolf memiliki waktu kemunculan yang lebih panjang, dan kita diperlihatkan motivasi Steppenwolf menyerang Bumi. Selain itu, terungkap bahwa sebenarnya Steppenwolf pernah mengkhianati Darkseid, dan, sebagai hukuman, Steppenwolf diusir dari Apokolips oleh Darkseid.

Karena itulah Steppenwolf sangat ingin menyatukan Mother Boxes dan menciptakan Unity. Jika ia berhasil menyatukan Mother Boxes, Steppenwolf akan diizinkan pulang ke Apokolips. 

Steppenwolf masih memiliki utang 50.000 lagi planet yang harus ia taklukkan atas nama Darkseid. Semua hal tersebut terungkap saat Steppenwolf berbicara dengan DeSaad, yang juga merupakan anak buah Darkseid. Lantas, yang masih jadi pertanyaan, pengkhianatan apa yang dilakukan oleh Steppenwolf kepada Apokolips dan Darkseid?

Pengkhianatan tersebut sebenarnya pernah diceritakan dalam komik DC. Dalam komik DC, Steppenwolf adalah salah satu dari New God yang hidup di Apokolips. Saudara Steppenwolf adalah penguasa pertama dari planet tersebut, bernama Yuga Khan, dan Yuga Khan memiliki putra bernama Uxas. 

Karena bernafsu menguasai Apokolips, Uxas bertempur melawan ayahnya sendiri dan membunuhnya. Steppenwolf dan New Gods lain sempat melawan, namun Uxas berhasil menang dan mengklaim Apokolips di bawah kepemimpinannya. Uxas pun lantas mengganti namanya menjadi Darkseid.

Menariknya, di Justice League Snyder Cut, DeSaad menyebut bahwa Steppenwolf adalah keponakan Darkseid, bukan pamannya. Berarti ada sedikit perbedaan antara pengkhianatan di komik dan filmnya. Di DCEU, sepertinya Steppenwolf menentang hak Darkseid memerintah Apokolips, dan penentangan itulah yang mengakibatkan pengusiran Steppenwolf dari Apokolips.

Steppenwolf mengklaim bahwa ia sudah menyadari kesalahannya setelah membantai mereka yang menjadi pengikut Darkseid. Itu berarti Steppenwolf pernah menentang Darkseid dan memilih jalannya sendiri. Backstory ini mirip dengan Steppenwolf di komik New Gods, karena Steppenwolf dan Yuga Khan melawan Uxas, sebelum Uxas menjadi Darkseid. 

Di Justice League Snyder Cut, DeSaad sempat mengingatkan Steppenwolf bahwa Steppenwolf bisa saja duduk bersama mereka di Apokolips, jika Steppenwolf tidak menantang Darkseid. Jelas bahwa Steppenwolf gagal menunjukkan kesetiaannya sehingga mengakibatkan dia terusir selama ribuan tahun.

Related

Entertainment 4191648607883696237

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item