Empat Tips Promosi Semakin Mudah Menggunakan WhatsApp


Maraknya bisnis online atau yang kerap disebut sebagai online shop di masyarakat menyebabkan adanya persaingan yang tinggi antara satu dengan yang lainnya. Berbagai cara ditempuh oleh pemilik bisnis online salah satunya teknik promosi.  Promosi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa . Tujuan dari dilakukannya promosi adalah untuk mempengaruhi atau membujuk calon pelanggan agar memiliki ketertarikan untuk menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan. 

Biasanya kegiatan promosi hanya dilakukan melalui  iklan komersial pada media konvensional seperti billboard, banner, iklan televisi, koran, majalah dan sebagainya yang pastinya memerlukan biaya yang sangat mahal. Bisnis UMKM seperti online shop yang baru saja merintis biasanya tidak memiliki dana  untuk memasang iklan pada media tersebut. Namun perkembangan era digital yang semakin pesat membawa efek positif kepada bisnis kecil, dimana Anda dapat melakukan kegiatan promosi secara gratis ataupun dengan biaya yang lebih murah. Salah satu platform yang dapat Anda gunakan adalah WhatsApp. 

Mengapa Harus Melakukan Promosi Melalui WhatsApp?

Berdasarkan data We Are Social tahun 2023 menyatakan bahwa di Indonesia WhatsApp adalah platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak dengan persentase 92,1% dari total masyarakat yang menggunakan Internet. Selain itu, pengguna platform WhatsApp di Indonesia menghabiskan waktu selama 29 jam per bulannya. Sehingga jika platform ini digunakan sebagai media promosi, tentunya akan dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Dengan WhatsApp Marketing, Anda dapat memberikan promosi berupa kode voucher, diskon, penawaran produk best seller, memperkenalkan produk yang baru dilaunching dan sebagainya. Penggunaan WhatsApp Business akan merasakan berbagai fitur yang lengkap mulai dari profil bisnis, katalog, quick-reply, auto reply dan label yang memudahkan Anda memantau bisnis. 

Empat Tips Promosi dengan WhatsApp

Promosi melalui Broadcast Message

Promosi dapat diberikan kepada pelanggan melalui broadcast message. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengirimkan pesan secara massal kepada banyak pelanggan sekaligus. Hal tersebut membuat kegiatan promosi dapat dilakukan secara cepat dan efektif. 

Memanfaatkan Program Giveaway

Promosi juga dapat dilakukan dengan membuat program Giveaway yang tujuannya untuk menarik minat pelanggan dan menaikan brand engagement. Di sini pebisnis akan menawarkan hadiah menarik kepada audiens namun harus mengikuti beberapa syarat seperti follow akun, men-tag teman, menyukai maupun membagikan ke teman. 

Mencantumkan Katalog Produk yang Menarik

Dalam platform WhatsApp Business, Anda akan mendapatkan fitur katalog yang dapat dilihat pelanggan secara langsung. Katalog ini harus dimanfaatkan semenarik mungkin agar pelanggan memiliki keinginan untuk melakukan pembelian. Setelah melihat-lihat di katalog, pelanggan juga dapat melakukan check out produk melalui WhatsApp secara langsung. 

Personalisasi Pesan 

Pesan personal yang ditujukan untuk pelanggan akan membuat pelanggan merasa lebih spesial. Namun jika Anda memiliki ratusan bahkan ribuan pelanggan dan ingin mengirimkan pesan personal, sehingga diperlukan platform yang dapat membantu mengirimkan pesan secara massal. 

Dengan persaingan bisnis online yang semakin ketat diperlukan platform yang dapat membantu bisnis mengelola kontak pelanggan berdasarkan kebiasaan mereka. Salah satu solusi tepat yang dapat Anda gunakan adalah OCA Blast. OCA Blast adalah salah satu varian dari Omni Channel Assistant. yang akan membantu Anda dalam mengirimkan pesan secara cepat dan efektif kepada ratusan pelanggan sekaligus. Gunakan OCA Sekarang!

Related

Smartphone 5556696855014487370

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item