Aneka Manfaat Buah Jerpaya untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Jerpaya untuk Kesehatan

Naviri.Org - Jerpaya adalah singkatan jeruk dan pepaya, karena buah ini memang perpaduan dua buah tersebut. Tanaman jerpaya memiliki tinggi sekitar 1,5 meter. Daunnya berupa daun pohon jeruk, tetapi buahnya mirip pepaya dengan kulit mirip jeruk. Daging buah jerpaya berwarna putih, kulitnya berwarna kuning seperti umumnya jeruk, dan buahnya memiliki biji yang sama seperti umumnya jeruk. Saat dimakan, rasanya juga seperti jeruk.

Jika kulit buah jerpaya dikupas, akan tampak daging buah berwarna putih, yang strukturnya seperti buah pepaya. Namun, saat dibelah, di dalamnya terdapat buah jeruk yang telah dikupas. Tanaman dengan buah unik ini dapat hidup di daerah panas atau pun dingin, dan masing-masing buah jerpaya memiliki berat hingga 4-6 kilogram.

Di dunia kuliner, jerpaya sering pula disebut jeruk sukade. Orang-orang biasa menggunakan kulit jerpaya sebagai manisan, dan disebut manisan sukade. Sebagian besar varietas jerpaya memiliki rasa manis, dan kaya vitamin C serta antioksidan. Yang mengagumkan, seluruh bagian buah jerpaya memiliki manfaat, meliputi kulit, daging buah, daun, sampai biji. Berikut ini uraiannya.

Manfaat buah

Berdasarkan penelitian, buah jerpaya memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan, di antaranya mengatasi kolesterol, mengatasi sariawan, menstabilkan asam lambung, mengusir bau mulut, mengatasi masuk angin, dan meredakan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda tinggal mengonsumsi buah jerpaya secara rutin.

Manfaat daun

Daun jerpaya bisa dimakan langsung sebagaimana Anda mengonsumsi lalapan. Umumnya, daun jerpaya memiliki rasa seperti mentol atau rasa jeruk, kadang pula terasa seperti jahe atau kemangi.

Daun jerpaya memiliki khasiat dalam membantu mengatasi sakit tenggorokan, batuk, asma, masalah paru-paru, pilek, sariawan, bau mulut, masuk angin, darah rendah, dan lain-lain.

Selain dapat dimakan langsung sebagai lalap, Anda juga bisa mengonsumsi daun jerpaya dengan cara diremas dan diiris kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam air panas satu gelas, sebagaimana Anda menyeduh teh. Setelah itu, airnya diminum.

Manfaat kulit buah

Kulit buah jerpaya dapat dimanfaatkan untuk dibuat manisan yang segar, atau dimakan langsung. Khasiatnya dapat mengatasi sariawan dan panas dalam.

Manfaat biji buah

Selain dapat ditanam kembali sebagai bibit, biji jerpaya juga dapat dijadikan sarana mengatasi penyakit dalam seperti kanker atau tumor. Caranya adalah dengan menyeduh biji-biji jerpaya dalam air panas, dan diminum saat masih hangat.

Related

Health 3892115635091047249

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item