Aneka Manfaat Buah Namnam untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Namnam untuk Kesehatan

Naviri.Org - Namnam (Cynometra cauliflora) adalah pohon buah dari suku polong-polongan (Leguminosae atau Fabaceae). Buah namnam dikenal pula dengan nama sawo pancukan. Di Manado dan Maluku, buah ini disebut namu-namu. Di Ternate, disebut namo-namo. Di Halmahera, disebut namet.

Di Maluku bagian tengah, buah ini disebut namute, lamute, lamuta, atau klamute. Di Bugis disebut arepa, di Makassar disebut puti anjeng, di Sunda disebut pukih, di Bima disebut puci anggi, di Bali disebut kuwanjo, di Seram disebut aloma, di Buru disebut kfamute. Sementara orang Sunda, Jawa, dan Madura, biasa menyebutnya dengan nama namnam.

Pohon namnam tergolong kecil dengan tinggi antara 3-15 meter, berbatang bonggol-boggol, dengan kulit batang berbintil, berwarna cokelat abu-abu. Daunnya yang masih muda berwarna putih atau merah jambu terang, menggantung lemas mirip saputangan.

Buah namnam memiliki bentuk seperti ginjal, dengan daging buah tebal, dan kulitnya berwarna cokelat bersisik ketika muda, lalu kehijauan atau kekuningan saat telah matang. Rasanya masam sampai masam manis. Setiap buah memiliki sebutir biji, berbentuk ginjal pipih.

Tidak jelas asal usul namnam, dan hanya diperkirakan berasal dari India, Malaya, hingga Indonesia. Yang jelas, tumbuhan namnam dapat hidup dengan baik di dataran rendah dan tanah yang subur. Tumbuhan namnam menyukai tempat-tempat terbuka dan datar. Di Sulawesi, terdapat dua jenis namnam yang ditanam orang, yang rasanya terdiri dari manis dan asam. Saat ini, namnam termasuk buah langka, karena jarang dibudidayakan.

Selain dapat dinikmati sebagai buah segar, namnam juga dapat dimanfaatkan untuk bahan rujak, asinan, sirup, atau manisan. Sebagian orang juga menjadikan buah ini sebagai campuran sambal.

Penelitian menemukan bahwa komposisi yang terdapat dalam buah namnam terdiri dari 87,3% air, 0,34% abu, 0,63% lemak, 4,16% protein, dan 7,6% karbohidrat. Setiap satu liter sari buah namnam murni mengandung 996,03 mg fenolik dan 421,09 mg flavanoid. Sedangkan pada setiap 100 mililiter sari buah namnam terdapat 121,44 mg vitamin C.

Daun muda namnam telah lama diketahui dapat mengatasi gejala diare, kencing batu, darah tinggi, diabetes, hingga membantu menguruskan badan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda tinggal menyiapkan daun namnam, lalu merebusnya dalam air, kemudian meminum air rebusannya. Air rebusan daun namnam memiliki warna seperti teh, tidak terlalu pekat, dan rasanya seperti air matang biasa.

Sementara buah namnam memiliki beberapa manfaat berikut ini:

Mengonsumsi buah namnam dapat membantu mengatasi masalah diare.

Sebagai sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin dalam buah namnam dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Kandungan serat dalam buah namnam dapat membantu melancarkan pencernaan, karena mengandung serat alami.

Vitamin C dalam buah namnam dapat membantu merawat kesehatan kulit, sehingga senantiasa segar.

Mengonsumsi buah namnam dapat mengatasi sembelit, sekaligus melancarkan air seni.

Related

Health 5588394600492021168

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item