Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-37

  Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-37

Naviri.Org - Karena saat kelahirannya akan segera tiba, bayi Anda terus berlatih menggerakkan paru-parunya untuk bernapas. Selain itu, bayi Anda juga akan mengubah posisinya untuk mempersiapkan persalinan, yaitu akan turun ke panggul, dan biasanya kepala akan menghadap ke arah jalan lahir.

Minggu ini, sebagian besar lapisan bulu halus lanugo pada kulit bayi telah rontok, dan vernix caseosa (lapisan mirip keju yang melapisi tubuh bayi dalam rahim, dan melindungi kulitnya yang sedang berkembang) mulai menghilang, meski sebagian masih tetap ada saat lahir.

Bayi akan menelan keduanya, bersama sekresi lain, dan semuanya tetap berada dalam ususnya sampai lahir. Campuran berwarna kehitaman itu, yang disebut mekonium, akan menjadi buang air besar pertamanya.

Pada akhir minggu ini, Anda memasuki masa kehamilan penuh. Bayi Anda bisa lahir setiap saat, bahkan sebelum tanggal perkiraan. Panjang bayi saat ini sekitar 48 cm (19-20 inci) dengan berat sekitar 2,8 kg (6,3 pon).

Karena kelahiran bisa terjadi kapan saja di akhir minggu ini, Anda sudah harus cuti, dan memastikan tidak pergi ke mana-mana. Pastikan Anda sudah mempersiapkan tas untuk persiapan persalinan, dan pastikan pula untuk selalu didampingi suami atau kerabat Anda untuk bersiap menghadapi kelahiran yang bisa jadi lebih cepat dari tanggal perkiraan.

Sekitar 85 persen bayi lahir dalam waktu 2 minggu dari tanggal perkiraan kelahiran mereka—kadang lebih awal, kadang pula terlambat. Anda akan memasuki periode tersebut minggu depan, namun sekarang saatnya untuk mengenali dengan dengan baik tanda-tanda dan gejala kelahiran, serta berbagai tahapan yang harus dilalui dalam menghadapi persalinan. Jika ada hal-hal yang masih membingungkan Anda, atau belum Anda pahami sepenuhnya, konsultasikan dengan dokter atau bidan kandungan Anda.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-38

Related

Pregnancy 6096617601119456547

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item