Cara Membuat Ramuan Bedak dan Jamu untuk Jerawat

Cara Membuat Ramuan Bedak dan Jamu untuk Jerawat

Naviri.Org - Jerawat di wajah bisa diatasi dengan cara alami, yaitu dengan bedak dan jamu yang bisa dibuat sendiri. Bila Anda ingin membuat bedak untuk mengatasi jerawat, silakan ikuti tips berikut.

Ambillah 2 ruas temugiring, 2 ruas kunyit putih (temu mangga), 1 butir jebuk sari (pinang) dan 1 buah kulit jeruk purut.

Cara membuatnya, kupas semua bahan dan cuci hingga bersih. Lalu, tumbuklah semua bahan itu hingga halus. Olah atau buatlah ramuan tersebut menjadi beberapa butir, dan jemur hingga benar-benar kering.

Nah, cara penggunaannya adalah dengan mengambil 1 butir ramuan tersebut untuk bedak jerawat. Beri sedikit air dan usapkan ke wajah. Biarkan beberapa saat hingga kering, kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat.

Temugiring dalam ramuan ini berguna untuk menghaluskan kulit, sedangkan kunyit sering dipakai sebagai bahan kosmetik. Jebuk sari berkhasiat sebagai antikuman, dan kulit jeruk purut berfungsi untuk membersihkan kulit.

Krim anti-jerawat dari bengkoang

Siapkan 2 buah bengkoang segar, 2 buah belimbing wuluh, 1 centimeter kunyit, dan sebatang serai.

Cara membuatnya, belimbing wuluh dan kunyit diparut, diperas, kemudian disaring. Bengkoang diparut, diperas, dan disaring. Diamkan air perasan ini dalam sebuah wadah. Batang serai dimemarkan dan direbus dengan sedikit air. Setelah dingin, air rebusan serai dicampurkan dengan campuran belimbing wuluh dan kunyit. Terakhir, semua bahan ini dicampurkan dengan pati bengkoang yang telah diendapkan sarinya.

Perlu diperhatikan bahwa endapan yang terjadi dari parutan bengkoang tidak terlalu banyak, sehingga larutan yang dicampurkan cukup dua atau tiga sendok teh saja. Simpan sisanya dalam freezer yang dapat digunakan lagi setelahnya. Krim ini dioleskan pada wajah yang berjerawat setiap malam, sebelum tidur. Esok paginya, cukup dibilas dengan air bersih.

Ramuan jamu bebas jerawat

Ingin membuat jamu untuk memberantas jerawat di wajah? Siapkan saja bahan-bahannya berikut ini: 2 tanaman lenglengan (daun, batang dan akar), 1 jari rimpang kunyit, 1 jari rimpang temulawak, dan ½ genggam daun sambiloto.

Cara membuatnya, kupaslah kulit kunyit dan temulawak, lalu cucilah hingga bersih bahan tersebut. Kemudan rebus semua bahan dengan tiga gelas air hingga mendidih. Setelah itu api dikecilkan, dan ramuan ini dimasak terus hingga airnya tinggal setengah. Setelah itu disaring. Saat akan diminum, berilah sedikit gula aren atau madu dan aduklah. Minumlah dua kali sehari, setiap hari.

Ramuan ini berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat, karena lenglengan, kunyit, temulawak dan sambiloto berkhasiat membantu fungsi hati untuk membersihkan zat-zat racun dalam darah dan juga menyembuhkan peradangan.

Selain untuk diminum, ramuan tersebut juga bisa digunakan sebagai bedak jerawat.

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Wajah

Related

Female 585420222122681403
item