Apa yang Disebut Dana Pensiun?

Apa yang Disebut Dana Pensiun?

Naviri.Org - Kita pasti sering mendengar istilah “dana pensiun”. Apalagi bagi para pekerja atau karyawan, istilah dana pensiun pasti sudah akrab di telinga, karena para pekerja atau karyawan bahkan mengandalkan dana pensiun tersebut untuk kebutuhan di masa pensiun nanti. Jadi, apa yang disebut dana pensiun?

Dana pensiun adalah dana (sejumlah uang) yang akan diterima oleh seorang pekerja atau karyawan, setelah tidak lagi bekerja. Sistem pensiun di Indonesia terdiri atas tiga bagian, yaitu dana pensiun dasar, dana pensiun tambahan, dan dana pensiun mandiri.

Dana pensiun publik merupakan hal yang wajib diberikan pemberi kerja kepada karyawannya, baik swasta maupun pemerintah. Berdasarkan UU No. 40/2004 dan UU No. 24/2011, pemberi kerja harus mengikutsertakan karyawannya pada BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara untuk pegawai pemerintah, berdasarkan mandat UU No. 11/1969, pemerintah menyediakan tunjangan pensiun untuk pegawai negeri yang dikelola oleh Taspen. Sementara untuk anggota TNI/Polri, berdasarkan UU No. 11/1966, disediakan tunjangan pensiun yang dikelola oleh Asabri.

Pada level kedua, ada tunjangan pensiun tambahan yang tidak wajib. Skema pensiun ini tidak wajib diberikan oleh perusahaan pemberi kerja. Dasar hukumnya adalah UU No 11/1992 tentang Dana Pensiun. Perusahaan dapat membentuk pengelola dana pensiun di perusahaan masing-masing, disebut Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK).

Perusahaan dengan karyawan banyak seperti Astra International, atau Pertamina, biasanya mengelola sendiri dana pensiunnya. Mereka memiliki pengelola dana pensiun di perusahaan.

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola Dana Pensiun Indonesia (ADPI), Mudjiharno, kepesertaan karyawan perusahaan untuk dana pensiun semakin naik. Pada tahun 2013, tercatat ada 3,6 juta pekerja yang mendapatkan fasilitas pensiun. Pada tahun 2014, jumlahnya naik menjadi 3,9 juta, dan pada tahun 2016 menjadi 4,1 juta pekerja.

Baca juga: Bagaimana Dana Pensiun Dikelola?

Related

Money 2177006162254326352
item