Aneka Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan (3)

 Aneka Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Meningkatkan sistem kekebalan

Vitamin C adalah kadar nutrisi yang cukup banyak dalam buah bit, dan memiliki fungsi penting dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh.

Kaya mineral

Bit adalah buah yang kaya mineral, di antaranya mangan dan kalium. Mangan penting untuk kesehatan tulang, hati, ginjal, dan pankreas. Sementara kalium bertugas menjaga kesehatan saraf dan otot tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Kalium yang terkandung dalam buah bit dipercaya dapat menurunkan hipertensi, yang merupakan salah satu hal yang menghambat aliran darah yang menuju ke jantung. Mengonsumsi buah bit juga dapat mengurangi kadar homosistein. Homosistein adalah zat berbahaya bagi kesehatan jantung, karena homosistein menjadikan pembuluh darah perifer rusak, sehingga kemungkinan penderita terkena stroke semakin besar.

Menghindari anemia

Buah bit memiliki kandungan zat besi, yang dapat memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah. Zat besi juga dapat digunakan untuk menyuplai oksigen yang bermanfaat bagi hemoglobin dalam tubuh.

Melancarkan pencernaan

Akibat pola makan yang keliru, pencernaan bisa terganggu, dan terjadilah diare, mual, hingga disentri. Untuk mengatasi masalah pencernaan semacam itu, Anda bisa mengonsumsi jus bit. Kandungan serat tinggi dalam bit akan melarutkan makanan dan racun di dalam usus, sehingga pencernaan kembali lancar.

Menurunkan risiko melahirkan bayi cacat

Buah bit merah memiliki kandungan vitamin B kompleks yang disebut folat, yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Para wanita yang sedang mengandung dianjurkan banyak mengonsumsi makanan kaya folat, untuk menurunkan risiko melahirkan bayi cacat.

Mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Ibu hamil bisa mengonsumsi bit untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik selama kehamilan. Selain itu, manfaat bit juga untuk mencukupi kadar darah pada ibu hamil, sebab anemia merupakan beberapa kendala yang sering terjadi pada ibu hamil.

Menjaga stamina selama kehamilan

Banyak ibu hamil yang mudah kelelahan, khususnya saat usia kandungan yang makin besar. Mengonsumsi jus bit dan meminumnya secara rutin setiap pagi dapat membantu stamina tubuh lebih terjaga, sehingga tidak mudah lelah.

Kandungan dalam jus bit membantu tubuh terhindar dari kelelahan, letih, dan lesu, karena bit mengandung nitrat yang berguna dalam mengurangi pengeluaran oksigen saat Anda beraktivitas.

Membantu pertumbuhan bayi

Buah bit sangat baik dalam mendukung proses pertumbuhan bayi, karena kandungan vitaminnya yang cukup banyak. Kandungan kalsium pada buah bit juga bisa membantu proses pembentukan tulang bayi lebih kuat. Bahkan, kandungan kalsium dalam bit dapat menghindarkan risiko kurang darah.

Dalam hal ini, bayi membutuhkan kadar darah yang seimbang untuk membantu proses tumbuh kembang secara sempurna. Anda bisa memberikan manfaat bit untuk bayi dalam bentuk jus untuk diminumnya, atau Anda yang mengonsumsi jus bit sehingga bayi dapat menyerapnya melalui ASI.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebut di atas, mengonsumsi bit juga dapat membantu menghancurkan sel tumor dan sel kanker, memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, sebagai anti-inflamasi, dan lain-lain.

Di luar urusan kesehatan, bit juga dapat dijadikan pewarna makanan alami. Bit mengandung betanin yang menghasilkan warna merah cemerlang, dan dapat digunakan sebagai pewarna es krim, jeli, dan lain-lain.

Related

Health 6233591150418026867

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item