The “L” Tunnel, Rel Kereta Api di Atas Gedung

The “L” Tunnel, Rel Kereta Api di Atas Gedung

Naviri.Org - Di Illinois, Chicago, terdapat sebuah kompleks pendidikan bernama McCormick Tribune Campus Center, di Institute of Technology Illinois. Suatu hari, pemerintah bermaksud membangun rel kereta api, yang kebetulan melintasi kompleks pendidikan tersebut. Karena tidak mungkin menggusur bangunan yang ada di sana, maka jalan tengah pun diambil—rel tetap dibangun, dan menembus puncak gedung.

Tetapi itu pun belum menyelesaikan masalah. Ketika rel telah selesai dibangun, dan rutenya melewati atap kampus, masalah lain muncul, yaitu suara bising ketika kereta kebetulan lewat.

Hal itu tentu mengganggu aktivitas belajar-mengajar di sana. Untuk mengatasi masalah itu, bagian rel yang melintasi atap gedung lalu ditutupi tabung stainless steel. Tabung itu menutupi rel hingga sepanjang 530 kaki (160 meter) dan membentuk tabung di atas gedung.

Tabung unik di atas bangunan itu terkenal dengan nama The “L” Tunnel. Struktur tabung ini benar-benar terpisah dari bangunan, namun mampu meredam suara dan getaran ketika kereta api melaju di sana.

The “L” Tunnel, Rel Kereta Api di Atas Gedung

Lihat juga: Badab-e Surt, Karya Alam Selama Ribuan Tahun

Related

Traveling 4578496367238149594

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item