Mengapa Ayam Tidak Boleh Sering Diberi Antiobiotik?

Mengapa Ayam Tidak Boleh Sering Diberi Antiobiotik?

Naviri.Org - Ada banyak peternak ayam, yang memelihara ayam untuk keperluan perdagangan. Sebagaimana kita tahu, daging ayam adalah salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Selain mudah diolah dan harganya juga murah, daging ayam juga gampang diperoleh. Dari situlah muncul para peternak ayam.

Di peternakan, para peternak kadang menghadapi masalah, misal ayam yang sakit-sakitan, sampai munculnya wabah flu (misal flu burung) yang berdampak pada kematian ayam-ayam peliharaan. Untuk mengatasi masalah itu, sebagian peternak rutin memberikan antibiotik untuk ayam-ayam mereka.

Namun, penggunaan antibiotik pada ternak secara berkala dapat menimbulkan resistensi antimikroba. Ayam yang sudah resisten kemungkinan dapat menyebarkan kekebalannya pada manusia. Baik melalui kotoran, udara, air, tanah, maupun konsumsi daging dan telur. Akibatnya, manusia yang terpapar akan kehilangan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan penyakit, bahkan flu atau luka kecil sekalipun.

Karena dampaknya bisa fatal, pemerintah lewat regulasi peternakan dan kesehatan hewan telah melarang penggunaan antibiotik untuk pertumbuhan. Antibiotik pada hewan tak boleh lagi digunakan sembarangan sejak 31 Desember 2017. Penggunaannya harus melibatkan resep dari dokter hewan.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), setiap hari ada sekitar 1 juta unggas yang masuk ke Jakarta. Unggas di daerah Jakarta dan sekitarnya ini banyak dipasok dari peternak di Jawa Tengah, Lampung, dan Jawa Timur.

Saat ini, ayam memang menjadi sumber protein hewani nomor satu di Indonesia (70-80 persen). Harganya yang murah, dan kemudahannya diolah, membuatnya digemari konsumen. Ia menyumbang sekitar 2 persen produk domestik bruto (PDB) hingga Rp1,2 triliun.

Baca juga: Aneh, Ayam Betina Ini Berubah Jadi Ayam Jantan

Related

Science 911263948742293539

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item