Misteri Kryptos, Teka-Teki Rahasia di Depan Markas CIA

Misteri Kryptos, Teka-Teki Rahasia di Depan Markas CIA

Naviri Magazine - Di markas besar CIA di Langley, Virginia, AS, ada sebuah monumen yang mengandung pesan rahasia. Bahkan agen-agen yang paling pintar di CIA pun dibikin keder dengan kode-kode rahasia dalam pesan ini.

Kryptos, demikian monumen ini diberi nama. Kata “Kryptos” diambil dari bahasa Yunani, yang artinya “tersembunyi”. Meski usianya sudah puluhan tahun, hingga saat ini teka-teki Kryptos masih belum bisa dipecahkan. 865 karakter yang aneh dan tampak acak, terkandung di monumen ini.

Seorang seniman bernama James Sanborn yang menciptakan monumen membingungkan itu. Hingga saat ini, tak ada yang tahu apa maksud pembuatan kode-kode tersebut. Saat CIA membangun sebuah bangunan baru di belakang gedung utamanya pada tahun 1988, Sanborn mendapat tugas untuk membangun monumen tersebut.

Oleh CIA, Kryptos sebenarnya cuma ingin dijadikan penghias area, antara kedua gedung. Ed Scheidt, yang juga rekan Sanborn, memperkirakan bahwa seluruh teka-teki itu bakal terpecahkan dalam tujuh tahun. Tapi nyatanya, pesan tersembunyi tersebut masih belum bisa dipecahkan sepenuhnya, meski sudah 20 tahun berlalu.

Hingga saat ini, baru tiga bagian dari monumen tersebut yang bisa dipecahkan. Kode tersebut sedikit terpecahkan – meski tidak sepenuhnya – berkat kolaborasi antara beberapa staf CIA dengan para jenius dunia.

Ketiga bagian itu disebut K1, K2, dan K3. Meskipun pesan di monumen tersebut bisa sedikit dikuak, namun pesan yang berisi prosa-prosa tersebut malah membuat teka-teki ini jadi semakin rumit. Sementara itu, 97 karakter dari bagian keempat (K4), masih belum terpecahkan.

Sanborn sering memergoki orang-orang datang ke monumen ini. Ada orang-orang yang mau mengorbankan karirnya demi memecahkan teka-teki Kryptos. Contohnya seorang dari Michigan yang rela meninggalkan bisnis software-nya, cuma buat memecahkan kode tersebut.

Teka-teki Kryptos juga menggelitik Randy Thompson untuk ikut memecahkan kode tersebut. Randy mengacak kode-kode itu selama tiga tahun. Bahkan, penulis buku The Davinci Code yang menyinggung Kryptos dalam salah satu novelnya, Dan Brown, juga tertarik dengan monumen ini.

Untuk bagian 1-3 diselesaikan secara independen oleh Jim Gillogly, programmer komputer, dan David Stein, analis CIA. Jim Gillogly mengumumkan, dirinya juga telah berhasil memecahkan tiga bagian pertama kode tersebut. Jim membongkar kode tersebut dengan bantuan komputer dan software buatan sendiri. CIA segera merilis laporan yang luar biasa, saat hasil kerja Jim Gillogly tersebar.

Meski sudah bertahun-tahun menjadi misteri, namun orang-orang yang penasaran dengan teka-teki Kryptos terus mengalir. Seorang agen CIA, David Stein, juga mengaku telah memecahkan tiga bagian itu cuma bermodal pensil dan kertas.

Untuk memecahkannya, Stein membutuhkan waktu 400 jam. Sang pembuat, Sanborn, mengatakan, semua ini cuma soal kerahasiaan. Hal ini, sambung Sanborn, sesungguhnya merupakan gambaran kondisi CIA sendiri, yang penuh dengan kerahasiaan.

Kryptos terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, menggunakan 4 jenis encoding yang berbeda pula, yaitu:

Sec.0 - Morse
Sec.1 - Vigenère
Sec.2 - Vigenère
Transposisi Modular Sec.3 - / Row-Transposisi Kolom
Sec.4 - metafora (Cipher Inc roda, M-94)

Bagian 1 

BETWEEN SUBTLE SHADING AND THE ABSENCE OF LIGHT LIES THE NUANCE OF IQLUSION

Bagian 2

IT WAS TOTALLY INVISIBLE HOWS THAT POSSIBLE ? THEY USED THE EARTHS MAGNETIC FIELD X THE INFORMATION WAS GATHERED AND TRANSMITTED UNDERGRUUND TO AN UNKNOWN LOCATION X DOES LANGLEY KNOW ABOUT THIS ? THEY SHOULD ITS BURIED OUT THERE SOMEWHERE X WHO KNOWS THE EXACT LOCATION ? ONLY W_W THIS WAS HIS LAST MESSAGE X THIRTY EIGHT DEGREES FIFTY SEVEN MINUTES SIX POINT FIVE SECONDS NORTH SEVENTY SEVEN DEGREES EIGHT MINUTES FORTY FOUR SECONDS WEST

Bagian 3

SLOWLY DESPARATLY SLOWLY THE REMAINS OF PASSAGE DEBRIS THAT ENCUMBERED THE LOWER PART OF THE DOORWAY WAS REMOVED WITH TREMBLING HANDS I MADE A TINY BREACH IN THE UPPER LEFT HAND CORNER AND THEN WIDENING THE HOLE A LITTLE I INSERTED THE CANDLE AND PEERED IN THE HOT AIR ESCAPING FROM THE CHAMBER CAUSED THE FLAME TO FLICKER BUT PRESENTLY DETAILS OF THE ROOM WITHIN EMERGED FROM THE MIST X CAN YOU SEE ANYTHING Q

Related

World's Fact 7462178586424258515

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item