Duduk Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Nyeri Pada Pinggang

Duduk Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Nyeri Pada Pinggang

Naviri Magazine - Penelitian menunjukkan bahwa bekerja dengan posisi duduk lama (separuh hari kerja) dapat menyebabkan Hernia Nukleus Pulposus, yaitu saraf tulang belakang “terjepit” di antara dua ruas tulang belakang, sehingga menyebabkan nyeri pinggang, juga rasa kesemutan yang menjalar ke tungkai sampai ke kaki. Bahkan, bila parah, dapat menyebabkan kelumpuhan.

Mengapa duduk lama dapat menyebabkan nyeri pinggang bawah?

Duduk lama dengan posisi yang salah akan menyebabkan otot-otot pinggang jadi tegang, dan dapat merusak jaringan lunak sekitarnya. Bila ini berlanjut terus, akan menyebabkan penekanan pada bantalan saraf tulang belakang, yang mengakibatkan Hernia Nukleus Pulposus.

Bila tekanan pada bantalan saraf pada orang berdiri dianggap 100%, orang yang duduk tegak dapat menyebabkan tekanan pada bantalan saraf tersebut sebesar 140%. Tekanan ini jadi lebih besar lagi 190%, bila ia duduk dengan badan membungkuk ke depan.

Namun, orang yang duduk tegak lebih cepat letih, karena otot-otot punggungnya lebih tegang. Sementara orang yang duduk membungkuk, kerja otot lebih ringan, namun tekanan pada bantalan saraf lebih besar.

Setelah duduk selama 15-20 menit, otot-otot punggung biasanya mulai letih. Maka mulai terasa nyeri di pinggang bawah.

Related

Health 6266316697026208500

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item