Orang Terkaya di Dunia Berencana Memindahkan Manusia ke Luar Angkasa

Orang Terkaya di Dunia Berencana Memindahkan Manusia ke Luar Angkasa

Naviri Magazine - Pada acara eksklusif yang digelar di Washington DC, Amerika Serikat, manusia terkaya di Bumi, Jeff Bezos—kekayaan bersihnya mencapai US$157 miliar (setara Rp 2.258 triliun)—memberi pidato menggegerkan. Dia menawarkan visi membangun "masyarakat masa depan" dalam wujud miliaran manusia tinggal di luar angkasa.

Bezos menggelar acara ini sekaligus untuk memperkenalkan pesawat ulang alik menuju Bulan yang dikelola anak perusahaannya, Blue Origin. Detail-detail terkait pesawat ini tidak sepenting visi Bezos yang terasa sangat utopis.

Bezos mempersembahkan versi masa depan yang tidak didasarkan pada kenyataan kapitalisme masa kini, perubahan iklim, dan hubungan antara dua hal tersebut. Bezos mengakui pertumbuhan ekonomi yang tak terkekang—model ekonomi yang menjadikannya orang terkaya di dunia—tidak sesuai dengan tingkat kelayakan huni Planet Bumi.

Berbeda dari kapitalis "insyaf" lain, yang biasanya mengumumkan investasi dalam bidang energi terbarukan atau infrastruktur publik ketika peduli pada lingkungan, Bezos justru mengusulkan ide radikal: sekalian saja kita pindah dari bumi.

Bezos mengatakan, pembangunan “koloni” angkasa merupakan solusi untuk masalah mendasar kemanusiaan. Mulai dari ketersediaan energi, serta mengelola pertumbuhan ekonomi tanpa batas.

Koloni angkasa, kata Bezos, merupakan cara meningkatkan populasi manusia, sekaligus mengimbangi dampak industri dan pertanian pada Bumi.

Strategi ini, kata Bezos, bisa mengubah Bumi menjadi firdaus: bukan lagi tempat tinggal kita, melainkan sekadar tempat untuk berlibur dan belajar. Jadi semacam taman safarinya kaum elit yang dikunjungi sebulan sekali.

"Kita masih bisa menikmati bumi, tapi caranya kita tinggal di koloni luar angkasa yang dekat dari Bumi," kata Bezos. "Dengan begitu, kita bisa melestarikan planet kita yang tak tergantikan. Kita harus menyelamatkan Bumi dan masa depan untuk cucu kita.”

Related

World's Fact 7903317453788292535

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item