Temuan Mencengangkan: Virus Corona Telah Bermutasi Hingga 200 Kali

Temuan Mencengangkan: Virus Corona Telah Bermutasi Hingga 200 Kali, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Alih-alih berharap pandemi COVID-19 segera berakhir, COVID-19 menjelma sebagai kenormalan anyar. Meski saat ini sudah ada delapan calon vaksin yang masuk uji coba pada manusia, dan seratusan lainnya di tahap uji hewan coba, namun peneliti menghadapi banyak rintangan.

Studi UCL Genetics Institute terbitan jurnal Infection, Genetics and Evolution mengidentifikasi hampir 200 mutasi genetik berulang pada SARS-CoV-2.

Virus corona baru terus beradaptasi, dan vaksin penawar harus dibuat agar mampu mengatasi perubahan virus. Jika pada akhirnya vaksin berhasil diciptakan, Direktur Kedaruratan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan, berujar bahwa dunia tetap butuh upaya serius mencegah penularan. Vaksin tidak menjamin seluruh penduduk bumi terlindung dari COVID-19.

“Virus ini mungkin akan jadi penyakit endemik pada komunitas manusia, seperti HIV yang tidak pernah hilang,” katanya seperti dilansir dari Guardian.

Layaknya campak, meski vaksinnya sudah ada, masih banyak anak di dunia terkena penyakit ini akibat tidak mendapat vaksinasi. Karenanya, untuk mengontrol COVID-19 dalam jangka panjang, vaksin harus didistribusikan merata ke seluruh dunia.

“Saya tidak membandingkan kedua penyakit itu. Saya kira, siapa pun tidak bisa memprediksi kapan penyakit ini hilang,” lanjut Ryan.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 6779080398149318362

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item