Warga India Buang Patung Karena Tak Bisa Menolong Mereka dari Virus Corona?

Warga India Buang Patung Karena Tak Bisa Menolong Mereka dari Virus Corona? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Beredar unggahan video di akun Facebook, yang mengklaim bahwa warga India membuang patung berhala ke sungai, karena tak bisa menolong dari pandemi virus corona (Covid-19), pada 7 Mei 2020 lalu.

Berikut kutipan narasinya:

"WARGA DI INDIA MEMBUANG SEMUA PATUNG2 BERHALA MEREKA KEDALAM SUNGAI KARENA PATUNG2 YANG MEREKA SUJUD2 NGA BISA SELAMATKAN MEREKA DARI WABAH VIRUS PENYAKIT COVID 19 (CORONA).”

Verifikasi fakta

Mengutip Cekfakta.com, konten tersebut sudah berulang kali diposting dengan narasi yang berbeda.

Video tersebut juga sudah pernah tayang sejak 2015. Ternyata itu merupakan festival keagamaan yang bernama Ganesh Chaturthi atau Vinayaka Chaturthi, bertujuan untuk merayakan datangnya Ganesha ke bumi.

Di Youtube, video itu diunggah pada 29 September 2015 berjudul 'Shocking: Ganpati Idols Dumped in Sewagw River after Festival'. Video serupa diunggah dailymotion sejak 2015, berjudul 'Hindu throwing their Bhagwan in water'.

Dikutip dari laman turnbachoax, festival itu membuat 120 ton limbah masuk ke Sungai Mula-Mutha di India. Sampah berupa bunga, daun, dekorasi patung, membuat sejumlah sungai di India tercemar.

Festival Ganesh Chaturthi dilaksanakan 10 hari untuk menghormati kebijaksanaan dan kemakmuran, Lord Ganesha bagi umat Hindu di seluruh India. Patung-patung dewa berkepala gajah di rumah mereka dibenamkan ke sungai, danau, atau laut.

Menurut kepercayaan mereka, Tuhan Ganesha memberkati mereka yang menyembahnya dengan menghilangkan rintangan dari kehidupan mereka, dan memberi awal yang baru.

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi video soal India membuang patung terkait virus Corona tidak benar, dan masuk dalam konten yang salah.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 2273768070667146471

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item