Mengapa Ada Orang-orang yang Tak Percaya Perubahan Iklim dan Pemanasan Global?

Mengapa Ada Orang-orang yang Tak Percaya Perubahan Iklim dan Pemanasan Global? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Orang-orang dengan tingkat pendidikan rendah, memiliki umur lebih tua, dan lebih religius, cenderung jadi kelompok yang mengabaikan perubahan lingkungan. Mereka kurang bisa menerima fakta perubahan lingkungan karena tidak memiliki informasi memadai. Tapi The Conversation menyebut bahwa penolakan terhadap isu perubahan iklim di kalangan konservatif didorong oleh faktor politis.

Bagi sejumlah konglomerat, fakta-fakta perubahan iklim dianggap sebagai ancaman bagi bisnis mereka. Jika kampanye perubahan lingkungan berhasil dan dunia bersama-sama menuju ekonomi rendah emisi, maka transisi tersebut akan mengganggu agenda politik dan bisnis orang-orang kaya ini.

Seorang jurnalis Amerika bernama Christopher Leonard berhasil membuka persekutuan jahat Trump dan Charles dan David Koch (Koch bersaudara) dalam isu perubahan lingkungan. Investigasinya dimuat dalam buku bertajuk Kochland: The Secret History of Koch Industries and Corporate Power in America (2019).

Koch bersaudara (dan Koch Industries) adalah salah satu perusahaan swasta terbesar di Amerika. Koch bersaudara selama ini jor-joran membiayai beragam aktivisme yang menyangkal perubahan lingkungan. Bisnis Koch bersaudara memang bergerak di industri bahan bakar fosil yang menjadi salah satu sumber polusi karbon terbesar.

“Koch mendanai konferensi yang dihadiri ilmuwan, kelompok advokasi nirlaba, dan akademis yang mereka sebut ‘echo chamber’,” tulis Leonard.

Konferensi tandingan bertajuk “Global Environmental Crisis: Science or Politics?” digagas Koch pada tahun 1991. Kelompok pendukung industri bahan bakar fosil dalam konferensi tersebut bereaksi setelah Presiden George H. W. Bush mengumumkan dukungan atas perjanjian pembatasan emisi karbon—sebuah kebijakan yang berpotensi mengancam bisnis Koch Industries.

Menurut laporan Leonard, think tank asal Washington Third Way bekerja untuk Koch dalam upaya negosiasi North American Free Trade Agreement. Tujuannya agar bisnis impor minyak dari Kanada milik Koch tidak terganggu. Terakhir, Leonard menguak persekutuan jahat antara Koch bersaudara, Trump, dan Wakil Presiden Mike Pence.

Pada tahun 2016, publik sempat mengira Koch tidak mendukung Trump. Tapi nyatanya, setelah dilantik, Presiden Trump selalu mengeluarkan pernyataan dan kebijakan yang menyangkal perubahan iklim.

Leonard berkesimpulan Koch bersaudara telah melakukan lobi melalui Wakil Presiden Mike Pence, yang beberapa kali datang di gelaran konferensi Koch, termasuk pada tahun 2010 di Colorado.

Related

Science 7203666767362788745

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item