Ngeri, Ini Harga Organ Tubuh Manusia Saat Dijual di Pasar Gelap

Ngeri, Ini Harga Organ Tubuh Manusia Saat Dijual di Pasar Gelap


Naviri Magazine - Kamu pasti pernah mendengar jokes tentang menjual ginjal demi bisa membeli iPhone. Cukup lucu memang, jika itu hanya sebuah lelucon. Namun, jika kamu mengetahui harga organ tubuh di pasar gelap, mungkin kamu akan bersyukur masih bisa hidup dengan "sempurna".

Dilansir dari kidney.org, pada 2014 sebanyak 4.761 orang Amerika meninggal saat menunggu transplantasi ginjal, sedangkan dan 3.668 lainnya keluar dari daftar karena terlalu sakit untuk menerima transplantasi ginjal.

Mengingat kebutuhan yang substansial ini, tidak mengherankan sebagian orang beralih ke pasar gelap untuk menyelamatkan hidup mereka. Menurut laporan Global Financial Integrity pada 2017, perdagangan organ ilegal menghasilkan antara US$840 juta dan $1,7 miliar per tahun. Praktik ilegal ini menyumbang sekitar 10 persen organ yang ditransplantasikan.

Berikut ini rangkuman beberapa harga organ tubuh manusia di pasar gelap, dari berbagai sumber. Namun, tidak ada harga pasti, karena sulit melacak perdagangan di pasar gelap.

Harga organ-organ tersebut benar-benar fantastis, karena banyak dicari oleh orang-orang kaya di luar sana yang membutuhkannya. Penasaran berapa harga tubuh kamu di pasar gelap? 

Darah

Darah merupakan salah satu bagian tubuh yang sering didonorkan. Di Indonesia, harga satu kantong darah yang berisi 500ml berkisar Rp400 ribu sampai Rp1 juta.

Namun, di Amerika Serikat, satu kantong bisa mencapai Rp4 juta. Tak jarang, darah diperjualbelikan secara ilegal karena harganya yang lumayan.

Sumsum tulang

Menyumbangkan satu gram sumsum tulang adalah cara tercepat untuk mendapatkan uang instan di pasar gelap. Jika proses ini dilakukan dengan benar, kamu tidak akan mengalami rasa sakit, tetapi mungkin ada beberapa efek samping setelahnya.

Laman ranker.com menyebut harga sumsum tulang lumayan fantastis, karena bisa mencapai Rp313 juta per gram. Namun, siapa yang mau menjualnya secara ilegal? 

Kornea mata

Kerusakan kornea dapat menyebabkan kebutaan, jadi tidak heran jika bagian tubuh ini berharga. Bagaimanapun, banyak orang di luar sana yang menginginkan bisa melihat kembali, dan rela menggelontorkan uang dalam jumlah yang tak sedikit.

Menurut laman ranker.com, harga kornea mata di pasar gelap bisa mencapai Rp327 juta. Itu sudah termasuk biaya operasinya. Organ ini cukup mahal, karena tidak bisa bertahan lama setelah pendonor memberikannya (8-12 jam).

Jantung

Jantung sangat mahal harganya jika kamu membelinya secara legal. Dilansir dari futurism.com, harga legal jantung di Amerika serikat bisa mencapai Rp16 miliar. Namun itu terlalu mahal untuk kebanyakan orang.

Sebagian dari mereka yang tidak mampu membeli secara legal memilih untuk meratapi nasib, sedangkan sebagian lagi tetap berusaha mencarinya di pasar gelap. Harga jantung di pasar gelap bisa 10 kali lebih murah, yaitu sekitar Rp1,6 miliar.

Hati

Dikutip dari laman ranker.com, penyakit hati merenggut lebih dari 31 ribu orang Amerika setiap tahun. Menunggu transplantasi sering kali memakan waktu terlalu lama, dan biaya operasi ini juga sangat mahal bagi kebanyakan pasien.

Untuk itu, salah satu cara agar bisa bertahan hidup adalah membelinya di pasar gelap. Sebuah hati dapat dijual sekitar Rp2,1 miliar di pasar gelap. 

Jokes tentang menjual ginjal untuk membeli iPhone memang sering kita dengar di internet. Uang yang diterima oleh pendonor ilegal ternyata hanya berkisar Rp50-60 juta rupiah, dilansir dari haveocscope.com. Mungkin kamu berpikir ini tidak terlalu besar.

Namun, jika kamu sedang mencari ginjal dan ingin membelinya di pasar gelap, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp2,7 miliar. Sangat miris, harga penjualannya tidak sebanding dengan pembeliannya. Maka dari itu, jangan sekali-kali berpikir untuk menjual ginjal demi sebuah iPhone terbaru.

Related

International 5864051947978385448

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item