Temuan Baru, Virus COVID-19 Disebut Bisa Bikin Otak Menciut


Naviri Magazine - Seiring berjalannya pandemi, peneliti berhasil menguak semakin banyak misteri COVID-19. Salah satunya dampak infeksi yang diduga bisa membuat otak menciut.

Dalam laporan di medRxiv, para peneliti University of Oxford membandingkan data pindaian otak dari lebih 45.000 orang di Inggris. Peneliti ingin melihat apakah ada perbedaan pada otak pasien atau penyintas COVID-19 dengan otak orang yang belum pernah terinfeksi.

Setelah berhati-hati memperhitungkan faktor lain, mulai dari usia, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan status sosial ekonomi, peneliti menemukan otak penyintas COVID-19 rata-rata menciut jadi lebih kecil. Perbedaan jelas disebut tampak pada bagian materi abu-abu otak berisi sel neuron yang fungsinya memproses informasi.

Volume otak memang bisa menyusut karena proses degenerasi. Namun, menurut peneliti, penyusutan otak yang terjadi pada para penyintas lebih parah dibandingkan dalam kondisi normal.

Menariknya penyusutan ini bisa muncul pada pasien COVID-19 yang mengalami gejala parah, maupun pasien bergejala ringan.

Related

Science 6587140775040245075

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item