Panduan Penting Menjaga Kesuburan untuk Wanita


Naviri Magazine - Siapapun tentu tidak ingin menjadi wanita mandul, dan sebaliknya, siapapun tentu menginginkan menjadi wanita yang subur. Nah, berikut ini adalah tiga kiat yang bisa digunakan untuk membantu menjaga kesuburan Anda. 

Pilihlah seks yang aman 

Jangan berhubungan seks dengan pria yang bukan suami. Kalau terlanjur terlibat dalam seks bebas, periksalah ke dokter secara teratur untuk memastikan Anda tidak terkena penyakit menular seksual (PMS). 

Penyakit-penyakit itu adalah penyebab utama kemandulan atau ketidaksuburan pada wanita muda. Jika dibiarkan dan tidak diobati, infeksi-infeksi seperti chlamydia bisa menyebabkan kehamilan di luar kandungan dan jaringan parut (bekas luka) permanen di saluran fallopi (jalur yang dilewati sel telur saat ovulasi).

Jangan merokok 

Menurut para ahli, sekitar 13 persen ketidaksuburan wanita disebabkan oleh dampak asap rokok. Asap yang mengandung nikotin ini berpotensi merusakkan ovarium (indung telur) dan sel-sel telur wanita. 

Selain itu, wanita perokok memerlukan satu tahun lebih lama untuk bisa hamil dibanding wanita yang bukan perokok. Wanita perokok juga mencapai menopause sekitar dua tahun lebih cepat dibandingkan dengan wanita yang bukan perokok. Sebisa mungkin, hindari pula berdekatan dengan asap rokok (perokok pasif).

Jagalah berat badan yang sehat

Data yang ada menunjukkan bahwa 12 persen dari semua kasus ketidaksuburan berasal dari berat badan yang berlebihan atau terlalu kurang. Tubuh yang terlalu kurus bisa mempengaruhi siklus menstruasi dan kemampuan tubuh Anda dalam mengembangkan sel-sel telur Anda. Sebaliknya, obesitas atau kegemukan juga bisa menghalangi pelepasan sel-sel telur Anda. 

Cobalah hitung berat badan Anda; apakah sudah ideal atau belum. Secara kasar gunakanlah perhitungan ini: tinggi badan (dalam centimeter) dikurangi 100, lalu ditambah atau dikurangi 10 persennya. 

Misalnya tinggi badan Anda 150 centimeter. Maka berat badan ideal Anda adalah 150 – 100 = 50 kilogram ditambah atau dikurangi 5 kilogram. Jadi, berat badan ideal Anda adalah 45 sampai 55 kilogram.

Related

Tips 2384372942768340142

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item