Tips Buat Kamu yang Mau Gaji Ratusan Juta Cuma dari Kerja Sampingan


Naviri Magazine -  Emily Jump, perempuan 21 tahun, bisa menghasilkan US$ 7.200 atau sekitar Rp 103 juta per bulan dari pekerjaan sampingannya. Sementara itu, dia juga bekerja penuh waktu (full time) sebagai koordinator pemasaran di klinik gigi di Columbus, Ohio dengan gaji tahunan US$ 34.500 dolar AS atau Rp 493 juta.

Dia mengatakan, sebelum pandemi melanda, banyak klien yang datang di klinik gigi tempatnya bekerja untuk memutihkan gigi dan veneer. Namun ketika pandemi semakin intensif dan kewajiban pakai masker, dia melihat betapa signifikannya pengaruh bagian atas wajah terhadap ekspresi seseorang.

Dengan menggunakan masker, mata dan alis mendapat banyak perhatian. Karena itu, dia mulai meneliti microblading, yakni teknik pembuatan alis semi permanen dengan cara menata garis tipis pada seluruh bagian alis. 

Ketika dia tidak bekerja shift di klinik gigi, dia menghadiri kelas microblading. Selama berbulan-bulan dia berlatih dalam beberapa jam setiap hari. Akhirnya, ketertarikan yang dimulai sebagai hobi berubah menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Setelah Emily menjalani dua pekerjaan, dia akhirnya berhenti dari pekerjaan utamanya. Emily memilih bisnis sampingannya menjadi bisnis full time. Dia menamakan bisnisnya tersebut Columbus Cosmetic Ink.

Dari bisnisnya tersebut, penghasilannya saat ini sekitar 8.750 AS atau Rp125 juta per bulan. Pendapatannya tersebut tiga kali lipat lebih tinggi dari gajinya di pekerjaannya di klinik gigi.

Berikut tips Emily untuk memulai pekerjaan sampingan, melansir CNBC International.

1. Buat perencanaan bisnis terlebih dahulu

Anda tidak perlu gelar bisnis untuk membuatnya. Namun inilah cara agar anda tetap berada dalam komponen penting seperti permintaan pelanggan, biaya awal, proyeksi keuangan, dan strategi pemasaran.

Hal ini nantinya dapat membantu anda untuk melacak pesaing dan tren bisnis anda kedepannya. Mengambil pekerjaan sampingan penuh waktu (full time) adalah risiko, tetapi memiliki rencana bisnis akan membantu anda merasa lebih percaya diri dan siap.

2. Pertimbangkan untuk bekerja sementara secara gratis

Salah satu bagian tersulit dalam mendapatkan bisnis sampingan adalah menarik klien. Untuk mendapatkan kepercayaan mereka di awal pada produk / jasa yang akan anda jual, anda perlu membangun portofolio.

Anda dapat menggunakan aplikasi maupun menawarkan jasa anda kepada klien secara gratis terlebih dahulu untuk mendapatkan banyak perhatian dan minat.

Bekerja sementara secara gratis adalah sesuatu yang anda perlu antisipasi, jadi anda juga perlu menghemat uang sebanyak mungkin sebelum berhenti dari pekerjaan anda. Jika Anda tidak mampu bekerja secara gratis, pertimbangkan untuk membebankan sedikit biaya untuk menutupi sebagian dari biaya pasokan.

Setelah anda memiliki cukup banyak klien untuk memposting gambar di situs web dan media sosial, lebih banyak pemesanan pelanggan mengalir. Saat itulah anda mulai membebankan harga penuh, yang bervariasi tergantung pada prosedur tertentu.

3. Cintai apa yang Anda lakukan, dan terus kuasai keahlian Anda

Jadilah antusias dengan semua hal yang berhubungan dengan keahlian yang anda miliki. Anda juga dapat menambahkan pengalaman bekerja di bidang jasa yang anda tekuni untuk menambah jam terbang keahlian anda. Tujuannya adalah untuk menambah dan mempertajam keahlian anda.

4. Bersiaplah untuk bekerja keras dan berkorban

Menciptakan jam kerja Anda sendiri menawarkan banyak kebebasan, tetapi itu tidak berarti bekerja lebih sedikit. Terkadang, anda harus mengorbankan kehidupan sosial, tidur, istirahat makan siang, dan waktu senggang anda.

Lebih penting lagi, anda harus mengurangi belanjaan, belanja, dan makan di luar. Anda perlu memahami bahwa anda harus tetap memiliki cukup uang di tabungan untuk menutupi pengeluaran seperti persediaan, pajak, dan biaya operasional lainnya.

Related

Tips 6768054200491840643

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item