Berdasarkan Penelitian, Ini Manfaat Minyak Ikan pada Ibu Hamil


Minyak ikan memiliki manfaat yang besar bagi ibu hamil. Sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilannya memiliki pengaruh terhadap peningkatan kekuatan otak dan kemampuan berbahasa pada anak yang dilahirkannya kelak. 

Hal tersebut didasarkan pada kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan, dimana kandungan ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem syaraf pusat janin.

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi minyak ikan bagi ibu hamil adalah pada trimester ketiga kehamilan—dimana pada waktu itu otak janin sedang mengalami pertumbuhan—dan dilanjutkan sampai beberapa bulan setelah bayi lahir. 

Survai yang pernah dilakukan terhadap 89 wanita hamil menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi minyak ikan setiap hari sejak usia kandungannya 20 minggu, rata-rata melahirkan anak dengan kemampuan koordinasi yang lebih tinggi pada mata, tangan, dan sistem komunikasi, dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan agar ibu hamil dan ibu menyusui mengkonsumsi minyak ikan setiap harinya. Namun, agar konsumsi tersebut aman, pastikanlah minyak ikan yang dikonsumsi tersebut bukan minyak ikan yang berasal dari ikan yang terdapat kandungan merkuri di dalamnya, semisal jenis ikan swordfish.

Related

Pregnancy 6228150401180901120

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item